Pekan Depan Pemprov Serahkan Masterplan PON XX

3300

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Pemeritah Provinsi Papua dalam waktu dekat akan menyerahkan masterplan PON XX tahun 2020 ke empat lembaga kementerian, setelah menerima Instruksi Presiden (INPRES) untuk dukungan penyelenggaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.

Empat lembaga kementrian diantaranya Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kemendagri, Kemenpora dan Kementrian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

“Jadi rencananya Minggu depan masterplan PON XX tahun 2020 tersebut akan secara resmi diserahkan Pjs. Gubernur Papua kepada empat lembaga kementrian tersebut,” kata Sekretaris Umum PB PON Papua, Yusuf Yambe Yabdi kepada wartawan di Jayapura, Rabu (14/3/2018).

Lanjutnya, setelah masterplan ini diserahkan dan selanjutnya akan didiskusikan strategi pemenuhan kebutuhan peralatan seperti apa di PON 2020 tersebut.

Yambe Yabdi juga menjelaskan bahwa keempat lembaga kementrian itu akan melihat lebih dulu kedalaman dari Masterplan PON itu sendiri, kemudian hal-hal apa saja yang menjadi kebutuhan Papua.

“Jadi untuk mendukung PON ini dimana dari sisi Basarnas juga sudah siapkan dua helikopternya terutama dalam antisipasi masalah-masalah sosial. Karena setelah mereka menerima Inpres maka sekarang mereka berbicara untuk apa yang harus mereka siapkan di masing-masing kementrian kelembagaan tersebut,” jelasnya.

Menurut Yusuf, hingga saat ini kemnerian lembaga terus melakukan rapat-rapat untuk membicarakan banyak hal terkait apa yang harus mereka berikan dalam mengsuport PON di Papua.

“Kami berharap agar rapat-rapat di kelembagaan kementrian ini harus melibatkan kami dari Pemerintah Provinsi Papua pula. Termasuk di Papua ini juga harus ada rapat-rapat yang dilakukan ditingkat Pemerintah sehingga semua perencanan PON ini berjalan lancar dalam mendiskusikan hal-hal yang lebih besar khususnya untuk kesuksesan PON XX tahun 2020 nanti,” pungkasnya. [Piet/abe]