Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Papua Ujian Capaian Kinerja, Ini Tujuannya

0
68

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian capaian Kinerja Kemenkum HAM 2019 resmi dibuka oleh Menteri Hukum dan HAM , Yasonna H Laoly beberapa hari lalu.

Bisa jadi ini  kali terakhir Yasonna memimpin Rakor Kemenkum HAM . Menteri asal Kepulauan Nias, dalam sambutannya  berharap seluruh jajaran Kemenkum HAM untuk tetap semangat berkinerja Pasi.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto, sebelumnya menyampaikan  laporannya pada kegiatan tersebut. “Pada hari kedua akan dilaksanaan evaluasi terhadap seluruh Kepala Kantor Wilayah, dan Kepala Divisi, dengan beberapa materi evaluasi,” tegas Bambang.

Materi evaluasi  terdiri dari capaian target kinerja semester I tahun 2019, akuntabilitas kinerja dan anggaran, pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Program dukungan manajemen, dan evaluasi.

Pimpinan Tinggi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua, hadir Kepala Kantor Wilayah, Iwan Santoso, Kepala Divisi Administrasi, Pagar Butar Butar, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sri Yuwono, Kepala Divisi Imigrasi, Hermansyah Siregar dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Max Wambrauw mempertanggungjawabkan kinerjanya pada Semester I tahun 2019 di hadapan Tim evaluator pada kegiatan self assesment pada Rakor Pengendalian Capaian Kinerja hari kedua di The Sultan Hotel, Jakarta.

Hadir mendampingi para Pimti Kanwil Papua, Hendrik Pagiling selaku Kabag Program dan Humas.

Hendrik Pagiling  menjelaskan, pada tahapan ini, capaian Target Kinerja Semester I Tahun 2019, pelaksanaan dan pengendalian akuntabilitas kinerja serta akuntabilitas anggaran, pelaksanaan dan pengendalian Reformasi Birokrasi serta pelaksanaan dan pengendalian program dukungan manajemen Kepala Kantor Wilayah juga para Kepala Divisi, dievaluasi secara teliti dan komprehensif.

Sementara itu, Pagar Butar Butar, Kadiv Administrasi mengatakan, pada tahapan evaluasi diperlukan penguasaan materi  evaluasi kinerja, karena  menjadi salah satu indikator Job Fit. Indikator Job Fit , Jelas Pagar Butar Butar , yaitu untuk mengukur kesesuaian antara kualifikasi, kompetensi dan kinerja para Pimti Kanwil Papua.

Dijelaskan Kadiv Administrasi Kanwil Papua, Kepala Kantor Wilayah serta kami para Kadiv secara terpisah berhadapan dengan Evaluator Internal yang terdiri dari Pimpinan Tinggi Madya Kementerian Hukum dan HAM,

Staf Khusus Menteri, Pimti Pratama, Panitia Seleksi Jobfit Internal, dan Assesor Intenal.

Selain itu, Hendrik Paggiling, ketika dikonfirmasi Humas Kanwil Papua mengatakan Evaluator Eksternal sendiri diisi  Panitia Seleksi Jobfit Eksternal dan Assesor Eksternal. Evaluasi pencapaian kinerja optimal memerlukan pengendalian. Sehingga dapat diketahui dan diukur hasil kinerja yang telah dicapai.

“Permasalahan dan kendala dapat segera disusun langkah perbaikan sehingga Tarja tahun 2019 dapat terealisasi sesuai rencana,” jelas Kabag Program dan Humas.

Hendrik Pagiling, optimis evaluasi tersebut yang dihadapi  Pimpinan Tinggi Kantor Wilayah Kemenkum HAM Papua akan berjalan dengan baik, dikarenakan semua hasil kinerja yang menjadi target mampu dikerjakan dan dipertanggungjawabkan dengan baik. [ayu]