Pjs Gubernur Apresiasi Kemajuan Pembangunan Kabupaten Asmat

0
838

Caption : Sausana peserta Pimpinan OPD dalam tatap muka bersama PJS Gubernur Papua dan Bupati Asmat pada, Jum’at (16/3/2018) akhir pecan kemarin. Foto : Ist/PapuaSatu.com

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Penjabat Sementara (Pjs)Gubernur Papua, Mayjen TNI (Purn) Soedarmo dan rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Asmat untuk melihat berbagai pembangunan infrastruktur.

Kunjungan kerja Pjs Gubernur Papua dan rombongan ke Kabupaten Asmat ini setelah  mengunjungi pelayanan Pemerintahan di Kabupaten Mimika dan melakukan apel bersama dengan para ASN, Jum’at (16/3/2018) akhir pecan kemarin.

Dalam kunker ke Kabupaten Asmat, Pjs. Gubernur Papua ingin melihat lebih dekat terhadap kondisi masyarakat dan pelayanan Pemerintahan yang dipusatkan  di Agats ibukota Kabupaten Asmat pasca kasus Kejadian Luas Biasa (KLB) yang menimpa wilayah tersebut.

“Saya berterima kasih karena bisa menginjakan kaki di Kabupaten Asmat dan melihat kondisi masyarakat disini,” kata Pjs. Gubernur Papua, Soedarmo bertatap muka langsung dengan para Aparatur Negeri Sipil (ASN) Kabupaten Asmat.

Menurut Soedarmo, Pemerintah Kabupaten Asmat saat ini terus berbenah pasca Kejadian Luar Biasa (KLB) yang menyebabkan kematian beberapa puluhan anak di wilayahnya ini.

“Saya juga berterima kasih karena masyarakat Asmat telah menyambut saya disini dengan baik. Saya berharap agar masyarakat di Asmat terus mendapatkan pelayanan yang lebih baik lagi, sehingga mereka bisa hidup dengan tenang dan damai disini,” ujarnya.

Penjabat Gubernur juga melihat bangunan baru Rumah Sakit Umum Daerah yang di bangun Pemerintah Kabupaten Asmat. “Saya mengapersiasi Pemerintah Kabupaten Asmat sudah membangun RSUD karena luas wilayah begitu besar dan memiliki penduduk cukup banyak, sudah seharusnya di pusat Kabupaten Asmat ini harus didirikan rumah sakit dan ini sudah dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupatinya,” jelasnya.

Namun diharapkan dengan adanya RSUD tersebut pemberian pelayanan  kesehatan bagi masyarakat bisa lebih baik dan masyarakat di sini tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tentunya.

“Kita harapkan rumah sakit ini nantinya memberi dampak yang bagus bagi masyarakat disini apalagi bangunan RSUD ini dibangunkan oleh Pemerintah dengan bagus dan luar biasa,” terangnya.

Soedarmo juga mengajak kepada para ASN di Kabupaten Asmat tetap berkerja pada tupoksinya dan terus tingkatkan pelayanan kepada publik terutama kepada masyarakat di Asmat sesuai bidang-bidangnya dengan baik.

“Khusus pelayanan kesehatan dan pendidikan harus terus menjadi prioritas dan juga di dorong oleh Pemerintah setempat, agar masyarakat disini betul-betul merasakan pelayanan kesehatan sesuai yang mereka harapkan,” katanya.

Selain itu, menjelang Pilkada serantak 2018 di Papua lebih khusus pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur agar ASN di Kab. Asmat tetap netral dan menjaga keharmonisan bersama.

“Jangan terlibat didalam politik praktis, karena sudah jelas ada aturan kepegawaian bagi ASN untuk  tidak terlibat dalam politik. Pihaknya meminta agar ASN di Kabupaten Asmat tetap berkerja diwilayahnya masing-masing dengan baik dan harus ada rasa memiliki akan wilayah ini,” tegas Soedarmo.

Para petugas kesehatan harus melayani masyarakat Kabupaten Asmat dengan sepenuh hati dan jangan meninggalkan tempat tugasnya tampa alasan.

Bupati Kabupaten Asmat Elisa Kambu menyambut baik atas kehadiran Pjs. Gubernur Papua diwilayahnya sehingga bisa melihat langsung terhadap kondisi masyarakat dan pelayanan Pemerintahan di Kabupaten Asmat.

Terkait dengan pembangunan bangunan RSUD yang dibangunkan oleh pihaknya tersebut dimana merupakan programnya bersama Wakil Bupati. Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat diwilayahnya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang dekat.

Pembangunan RSUD yang menalankan biaya ratusan milira tersebut dibangunkan oleh Pemerintah pada tahun 2017 lalu dengan mendirikan empat gedung yakni ruang Unit Gawat Darurat, ruang perawatan dan ruang bagi  para medis.

“Tahun 2017 ini kita fokuskan untuk pembangunan Bandara dan RSUD, dua hal ini menjadi penting karena daerah ini begitu luas dan membutuhkan pembanguna infrastuktur seperti ini, sehingg akses dari Asmat ke Timika atau Jayapura lebih mudah lagi dengan adanya Bandara tersebut begitu pula dengan RSUD, sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat bisa lebih baik lagi,” kata Bupati Elisa. [piet]