Rencana Pembukaan Lintas Batas Skouw Tunggu Hasil Pertemuan Pemprov, Pemerintahan PNG

152

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Rencana pembukaan jalur pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, masih menunggu hasil pertemuan antara Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah PNG dan Pemerintah Pusat.

“Rencananya minggu depan Pemprov Papua akan melaksanakan pertemuan dengan pemerintah PNG namun terlebih dahulu melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kemenlu, BNPP dan kedutaan,” kata Suzana dalam pertemuan dengan Badan Pengelola Perbatasan  dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua di Hotel Swiss Bell Kota Jayapura,  Selasa (16/06/2020).

“Jika nantinya disepakati kedua belah pihak untuk membuka, maka mungkin ada pembatasan-pembatasan. Sebab, di PBLN, perekonomian akan kembali berjalan yang selama ini tutup karena Covid-19,” katanya.

Namun tentunya, lanjut Suzana, jika PLBN Skouw dibuka harus mengutamakan protokol kesehatan. “Pada saat kita duduk nanti pentingnya dua negara membangun kerjasama membangun hubungan pertukaran informasi,” ungkapnnya.

Sementara itu, Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan selaku Komandan Kolakops Korem 172/PWY yang turut bertanggung jawab atas keamanan di wilayah perbatasan RI-PNG mengatakan, bahwa jika nantinya perbatasan kedua Negara di buka akan sangat bermanfaat terutama di sektor ekonomi.

“Dari segi Ekonomi kita berharap dapat kembali mendorong perekonomian dan kemajuan bagi kehidupan masyarakat Papua di daerah perbatasan, begitu pula sebaliknya dengan Negara PNG. Dapat saling menguntungkan bagi kedua negara”, ujar Izak.

Pada pertemuan dengan Negara PNG, pihaknya berharap kedua Negara dapat saling bertukar informasi tentang covid-19.

“Nantinya juga kita berharap ada solusi terkait protokol pengamanan penyebaran covid-19 di daerah perbatasan,” harapnya. Turut hadir dalam kegiatan rapat tersebut antara lain Dansatgas Pamtas RI-PNG Letkol Inf Dony Gredinan (Danyonif 713/ST), Kepala kantor Imigrasi kelas I TPI Jayapura Gatut Setiawan, S.H., Kepala Bea Cukai Jayapura Albert Simo, Kasospol PLBN Skow Iptu Kasrun, Kabag Keamanan Perbatasan Kota Jayapura Mathilda Pusung, Kepala Seksi Karantina Kesehatan Pelabuhan Jayapura Siti Nurliah, Kepala Karantina Perikanan Jayapura Suardi, Perwakilan Kantor Karantina Pertanian Hadi Wijaya. [redaksi]