Sekolah Harus Mengimplementasikan Digitalisasi Pembelajaran Berbasis IT

1178
Siswa SMK N 3 Jayapura Saat UNBK (dok/PapuaSatu.com).

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Seiring perkembangan dan moderenisasi teknologi yang cukup pesat, maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dipendikbud) Kota Jayapura himbau setiap sekolah khususnya sekolah jenjang SMP, SMA/MK di Kota Jayapura secara profesional mengenal dan mengimplementasikan digitalisasi pembelajaran berbasis Informasi Teknologi (IT).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa kepada wartawan saat ditemui di salah satu Jayapura-Papua, Selasa (19/9/2017) kemarin.

Pengenalan serta penerapan digitalisasi pembelajaran berbasis IT tentunya akan berdampak pada kemajuan dunia pendidikan di Kota Jayapura, sehingga dunia pendidikan di Kota Jayapura bisa selangkah lebih maju.

Namun unttuk mencapai hal tersebut diperlukan komitmen yang kuat dari setiap komponen yang terlibat langsung pada setiap satuan pendidikan, dalam kepala sekolah yang ada. “Perlu digaris bawahi disini, sekarang jaman sudah berubah maka dunia pendidikan kita juga secara otomatis dituntut untuk berinovasi” tegas Wayan.

Wayan menjelaskan, dengan tujuan untuk mengembangkan model pembelajaran dan meningkatkan kompetensi guru SMP, SMA/MK dalam pembuatan media pembelajaran berbasis IT (computer), maka model ini dikembangkan dan diuji di Kota Jayapura dengan harapan dapat meningkatkan kompetensi para guru di Kota Jayapura dalam mengimplementasikan digitalisasi pembelajaran berbasis IT.

Untuk Wilayah Papua dan Kota Jayapura, Tegas Wayan, merupakan wilayah pertama yang berkesempatan untuk menyelenggarakan program digitalisasi pembelajaran berbasis Informasi Teknologi.

Guna pengimplementasian program tersebut, Wayan mengemukakan, saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, melalui Dipendikbud bermitra dengan Intel Inside dan Acer Indonesia, sebagai mitra terpercaya yang dapat mendukung pengimplementasi program digitalisasi pembelajaran berbasis IT di Kota Jayapura.

Sementara itu selaku Account Manager Acer Indonesia, Putri NN mengatakan, jika dilihat dari sisi pengembangan IT, secara digital perkembangan edukasi di Kota Jayapura termasuk salah satu Kota yang perkembanagan edukasinya berkembang cukup pesat.

“Pengembangan edukasi di Kota Jayapura cukup pesat jika dilihat dari perkembangan sisi digitalnya, jadi Aser Indonesia sangat mensuport digitalisasi pembelajaran berbasis IT di Papua, khususnya di Kota Jayapura,” kata Putri. (dolf/nius).