Tak Ada Tempat Rehabilitas, BNNP Minta Perhatian Pemerintah

0
150
Kepala Bidang Pencegahan dan Dayamas Badan Narkotika Nasional Provinsi Papua, Kasman, S.Pd, M.Pd
Kepala Bidang Pencegahan dan Dayamas Badan Narkotika Nasional Provinsi Papua, Kasman, S.Pd, M.Pd

JAYAPURA, PapuaSatu.com –   Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Papua  meminta kepada Pemerintah Provinsi Papua ada perhatian untuk menyediakan tempat rehabilitas kepada pecandu narkoba di Provinsi Papua.

Pasalnya, dari sekian pecandu Narkoba di Papua tidak memiliki tempat bagi mereka, sehingga ketika dibiarkan maka para pecandu akan semakin meraja lela untuk mengkonsumsi dan mengedarkan narkoba.

Kepala Bidang Pencegahan dan Dayamas BNN Provinsi Papua, Kasman, S.Pd, M.Pd menyampaikan bahwa BNNP Papua sangat kesulitan untuk merehabilitasi para pecandu narkoba.

“Kami kadang selalu menawarkan untuk di rehabilitasi kepada para pecandu narkoba, namun tempat rehab tidak ada di Papua,” kata Kasman kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (4/7/2019).

Menurutnya, bila kecanduan ringan sebenarnya si pecandu bisa di rehabilitasi berjalan saja di Jayapura namun bila sudah masuk dalam tahap kecanduan berat maka harus direhabilitasi di luar kota.

“Biasanya kalau untuk pecandu berat maka selama ini kami harus merekomendasikan untuk di rehab di Makassar atau di Bogor. Namun kami biasanya sarankan di Makassar karena lebih dekat dari Papua” katanya.

Dilanjutkan, bahwa pecandu narkotika tidak bisa direhab di rumah sakit umum, itu memerlukan tempat yang khusus. Maka ia berharap pemerintah bisa segera mendirikan tempat rehabilitasi di Provinsi Papua. [ayu]