Tiga Perwakilan Dubes Uni Eropa Ingin Kerjasama Pemprov Papua

845

Caption Foto : Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Ketika menerima kunjungan Tiga Perwakilan Dubes Uni Eropa di ruang kerjanya, Selasa (20/3/2018). (Ist/PapuaSatu.com)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Tiga Perwakilan Duta Besar (Dubes) Uni Eropa Ingin membangun kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Papua diberbagai bidang sekaligus melihat langsung perkembangan pembangunan perekonomian, pemilihan kepala daerah, tata kelola pemerintahan, hak asasi manusia dan perlindungan lingkungan.

Kehadiran perwakilan Dubes Uni Eropa ini diterima langsung oleh Sekda Hery Dosinaen di ruang kerjanya, Selasa (20/3/2018) malam. Mereka diantaranya, Wadubes Denmark untuk Indonesia Elsebeth Aondergaard Krone, Kepala urusan politik dan diplomasi publik Kedutaan Besar Finlandia, Pirjo Liisa Heikkila serta Project Manager, Environment, Human Rights And Culture Embassy Of Sweden In Jakarta (Swedia) Natasha Kindangen.

“Kedatangan tiga perwakilan Dubes ini ingin bekerjasama dalam berbagai bidang, seperti perdagangan, perubahan iklim, tata kelola pemerintahan, demokrasi dan hak asasi manusia. Mereka juga ingin kerja sama itu membawa manfaat bagi Provinsi Papua dan warganya, misalnya di bidang kesehatan, pendidikan, dukungan terhadap upaya mitigasi perubahan iklim dan pembangunan perekonomian yang berkelanjutan,” kata Sekda Papua, Hery Dosinaen kepada wartawan, Selasa (20/3/2018) malam.

Selain dating ke Pemerintah Provinsi Papua, kata Hery,  perwakilan Dubes Uni Eropa ini rencana akan melakukan pertemuan dengan masyarakat sipil untuk membahas lingkungan hidup dan perubahan iklim – tentang bantuan yang dibutuhkan di masa depan hingga tentang peningkatan kapasitas dan advokasi.

“Tahun ini, Uni Eropa berencana untuk membuka peluang mengajukan proposal untuk membantu masyarakat sipil di Indonesia, khususnya di daerah tertinggal termasuk mengkaji dukungan untuk perlindungan Segitiga Terumbu Karang Sulu Sulawesi dan dukungan untuk produsen kelapa sawit skala kecil untuk memproduksi secara berkelanjutan,” ujar Sekda.

Untuk diketahui, rombongan perwakilan tiga kedubes ini juga direncakan untuk bertemu Perwakilan rakyat daerah dan masyarakat sipil, termasuk Kepala Kepolisian Daerah Irjen. Pol. Boy Rafli Amar, Wakil Ketua DPR Papua Fernando Tinal, serta pemerintahan daerah Kabupaten Jayawijaya di Wamena.

Selain itu, rombongan juga kunjungi rumah sakit di Wamena untuk melihat lebih jauh upaya pemerintah dalam pelayanan kesehatan berkualitas di bidang AIDS, TBC dan Malaria. [piet/loy]