Pemkab Yahukimo Bakal Bangun Kilang Minyak

0
327

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Untuk lebih mempermudah pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) khusus di wilayah Pegunungan, Pemerintah Kabupaten Yahukimo berencana akan membangun kilang minyak.

Untuk menindaklanjuti rencana pembangunan tersebut, Bupati Yajukimo, Abock Busup mengungkapkan, pihaknya berencananya akan melakukan pertemuan dengan pihak terkait pada tanggal 14-15 Januari 2020 di Surabaya.

“Undangan kami sudah terima, pertemuan tersebut untuk membahas bagaimana mekanismenya,” kata Abock, kepada wartawan di Jayapura, Rabu (09/01/2020)

Untuk kesiapan pembangunan kilang minyak sendiri, Abock mengaku Pemkab Yahukimo telah menyiapkan lahan.  “Dengan harapan pengisian bahan bakar untuk wilayah pegunungan akan dipusatkan di Yahukimo,” jelasnya.

Selain pembangunan kilang minyak, Abock menyebut bahwa pihaknya juga berencana membuka rute penerbangan pesawat berbadan lebar, dengan rute Makassar – Sorong – Dekai.

“Bandara Udara Nop Goliat Dekai saat ini memeiliki panjang landasan pacu sepnajang 2.500 meter, dan tanahnya flat sehingga sangat ideal untuk pesawat berbadan lebar,” tandasnya.

Menindak lanjuti itu, Pemkab Yahukimo telah menyurat ke ke Kementerian Perhubungan dan telah bertemu dengan Dirjen Perhubungan pada Desember 2019, pada tanggal 2 atau 3 Februari 2020 mendatang akan dilakukan tes landing pesawat berbadan lebar (Batik Air dan Citylink) dari Makassar, Timika dan Dekai. “Semoga rencana ini bisa terjawab sesuai harapan kami,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan akan mengembangkan Bandar Udara (Bandara) Nop Goliat, Dekai, Kabupaten Yahukimo, 2020 mendatang. Ini untuk mewujudkan Bandara Nop Goliat menjadi salah satu bandara transit bagi wisatawan selain di Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

“Kami akan lebih banyak pergerakan pembangunan di sana. Selain menyiapkan untuk pesawat berbadan lebar, kami juga akan persiapkan untuk pembangunan dua bandara perintis di Distrik Korupun dan Soba,” katanya Budi Karya.[alfa]