10 Calon Pimpinan Baznas Kabupaten Ikuti Seleksi

Para calon pimpinan Baznas Kabupaten Jayapura (berdiri) saat berfoto bersama pimpinan Baznas RI dan tamu undangan
Para calon pimpinan Baznas Kabupaten Jayapura (berdiri) saat berfoto bersama pimpinan Baznas RI dan tamu undangan

SENTANI, PapuaSatu.com – Untuk pemilihan pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jayapura, 10 calon menjalani proses seleksi oleh Baznas RI di Hotel Horison Kotaraja, Kamis (10/11/22).

Pimpinan Baznas RI, Ny. Saidah Sakwan,MA yang langsung memimpin proses seleksi berupa verifikasi faktual (wawancara) mengungkapkan, bahwa seleksi dilakukan karena masa jabatan pimpinan Baznas Kabupaten Jayapura telah berakhir.

Dikatakan, pimpinan Baznas yang merupakan pejabat negara non struktural, yang masa jabatannya adalah lima tahjn, dan bisa dipilih untuk dua periode.

“Ini kan hasil Pansel yang diselenggarakan Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura. Jadi kami akan memilih lima dari 10 calon,” jelasnya saat ditemui wartawan di Kotaraja, Kamis (10/11/22).

Dijelaskan, kriteria calon yang dipilih adalah yang dinilai mampu mengemban tiga poin utama, yaitu aman secara syar’i, regulasi dan NKRI.

Sementara itu, Bupati Jayapura yang diwakili Asisten II Setda Kabupaten Jayapura, Dr. Joki Sunaryo menekankan akan pentingnya peran lembaga Baznas sebagai kekuatan ekonomi, yakni dalam membantu umat dalam peningkatan taraf ekonominya.

“Mudah-mudahan dengan pimpinan yang terpilih nantinya, SDM Baznas Kabupaten Jayapura bisa menjadi kekuatan ekonomi dalam mengurangi angka kemiskinan,” ujarnya saat membuka pelaksanaan ferivikasi pimpinan Baznas Kabupaten Jayapura tersebut.[yat]