11 Jabatan Pamen Polda Papua dan Kapolres Jajaran Resmi Dijabat Pejabat Baru

0
94
Kapolda Papua, Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw saat menyerahterimakan dan melantik Dir Polairud Polda Papua dan 10 Kapolres jajaran, di Aula Rastra Samara Polda Papua, Jumat (8/11/19)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Setelah dua minggu menunggu sejak keluarnya telegram Kapolri tertanggal 21 Oktober 2019 terkait mutasi Perwira Menengah (Pamen) dan Kapolres jajaran di lingkungan Polda Papua, Hari Jumat (8/11/19) pagi, pejabat dimaksud resmi menduduki jabatan barunya.

Hal itu setelah digelar serah terima jabatan dan pelantikan Dir Polair Polda Papua dan 10 Kapolres jajaran Polda Papua, yang dipimpin Kapolda Papua, Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw di Aula Rastra Samara Polda Papua, Jumat (8/11/19).

11 jabatan yang diserahterimakan dan dilantik tersebut, adalah pergantian 10 , yaitu Dalam surat Telegram Nomor: ST/2852/X/KEP/2019 tanggal 21 Oktober 2019 tersebut, Dir Polairud Polda Papua Kombes Pol Yulius Bambang Karyanto, mendapatkan promosi jabatan sebagai Kasubditfasharkam Ditpolairud Korpolairud Baharkam Polri. Selanjutnya jabatan Dir Polairud Polda Papua akan di jabat oleh Kombes Pol Ir. Kasmolan yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Polair Baharkam Polri.

Kemudian dalam Surat Telegram Nomor: ST/2855/X/KEP/2019 tanggal 21 Oktober 2019, Kapolres Mappi AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan, S.I.K., M.I.K diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Bangli Polda Bali. Dan Kapolres Mappi dijabat oleh AKBP Kosmos Jeujanan yang sebelumnya menjabat sebagai Ka SPKT Polda Papua.

Kapolres Jayawijaya AKBP Tony Ananda Swadaya, S.H dimutasikan sebagai Pamen Polda Papua dan digantikan oleh AKBP Dominggus Rumaropen, S.Sos., M.M. yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Bhabinkamtibmas Dit Binmas Polda Papua.

Kapolres Sarmi AKBP Paul Isak Saukoly dimutasikan sebagai Pamen Polda Papua, dan digantikan oleh AKBP Hapry Lanudjun, S.Sos., M.M. yang sebelumnya menjabat Kasubbidprovos Bidpropam Polda Papua.

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, S.I.K., M.H. diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasubbaglemwil Baglem Rolemtalasrena Polri, yang selanjutnya Kapolres Mimika dijabat AKBP I gusti Gede Era Adhinata, S.I.K. yang sebelumnya menjabat sebagai penyidik madya Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Kapolres Keerom AKBP Muji Windi Harto, S.I.K., S.H. dimutasikan sebagai Pamen polda Papua dan digantikan AKBP Baktiar Joko Mujiono, S.I.K., M.M. yang sebelumnya menjabat sebagai Wadirresnarkoba Polda Papua.

Kapolres Merauke AKBP Bahara Marpaung, S.H. diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadirresnarkoba Polda Papua, yang selanjutnya Kapolres Merauke dijabat AKBP Agustinus Ary Purwanto, S.I.K. yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Puncak Jaya.

Sedangkan Kapolres Puncak Jaya, dijabat oleh AKBP Drs. Mikael Suradal, yang sebelumnya menjabat sebagai Irbid Itwasda Polda Papua.

Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Penri Erison, S.Pd. dimutasikan sebagai Pamen Polda Papua dan digantikan AKBP Kariawan Barus, S.H., S.I.K., M.H. yang sebelumnya menjabat Kaden A Pelopor Satbrimob Polda Kepri.

Dan Kapolres Waropen AKBP Supraptono, S.Sos., M.Si. dimutasikan sebagai Pamen Polda Papua dan digantikan oleh AKBP Suhadak yang sebelumnya menjabat Kabubdit I Ditintelkam Polda Papua.

Terakhir adalah Kapolres Boven Digoel AKBP Yohanes Afri Budi Slamet Riyadi, S.I.K dimutasikan sebagai Pamen Polda Papua dan digantikan AKBP Syamsurijal, S.I.K yang sebelumnya menjabat Kabagbinopsnal Ditreskrimum Polda Papua.

Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Pailus Waterpauw dalam amanatnya mengungkapkan, bahwa serah terima jabatan merupakan satu hal yang biasa dalam sebuah organisasi, termasuk di Polda Papua.

“Itu untuk memberikan kesempatan yang lain, yang sekolah, yang  punya kepentingan lain dan lain sebagainya,” ungkap Kapolda saat ditemui usai serah terima dan pelantikan.

Kapolda menekankan, agar para pejabat yang baru diserahterimakan dan dilantik tersebut dapat mendahului dengan 3S (Salam, Sapa, dan Senyum) kepada para pejabat maupun tokoh masyarakat, tokoh perempuan maupun tokoh pemuda.

“Terutama terkait dengan kerja kita sebagai sosok polisi, yang utama bagaimana mereka mendahului atau mengawali sentuhan mereka, pertemuan mereka dengan para pemimpin-pemimpin yang punya wilayah itu,” jelasnya.[yat]