13 Kepala Suku Pengunungan Tengah di Keerom Dikukuhkan

Caption - Ketua Rukun Keluarga Jayawijaya (RKJ) Pengunungan Tengah Provinsi Papua, Abner Wetipo saat menkukuhkan 13 kepala suku pengunungan tengah di Kabupaten Keerom, Sabtu (31/10/2020).
Caption - Ketua Rukun Keluarga Jayawijaya (RKJ) Pengunungan Tengah Provinsi Papua, Abner Wetipo saat menkukuhkan 13 kepala suku pengunungan tengah di Kabupaten Keerom, Sabtu (31/10/2020).

KEEROM, PapuaSatu.com – Ketua Rukun Keluarga Jayawijaya (RKJ) Pengunungan Tengah Provinsi Papua, Abner Wetipo melantik dan mengukuhkan 13 kepala suku pengunungan tengah yang ada di Kabupaten Keerom periode 2020- 2025.

Pengukuhan ini berlangsung  di Kampung Wonorejo Pir 4, Distrik Manem, Kabupaten Keerom  pada, Sabtu (31/10/2020).

Ketua RKJ Provinsi Papua, Abner Wetipo dalam sambutannya mengharapkan kepada 13 kepala suku pengunungan tengah  yang baru saja dilanti dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik- baiknya.

Sebab menurutnya,  13 Kepala Suku ini sudah diberikan kepercayaan penuh oleh masyarakat sehingga amanah rakyat harus dapat menjalankan dengan baik.

“ Kepala suku yang dipilih harus benar – benar melayani masyarakat dengan baik dan ini merupakan kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat yang ada di Kabupaten Keerom,”  ungkap Abner Wetipo dihadapan 13 kepala suku.

Sementara Kapolres Keerom AKBP Emile Reisitei Hartanto, S.IK berharap dengan adanya pelantikan 13 Kepala Suku Pengunungan Tengah yang ada di Kab Keerom dapat menjadi wadah pemersatu antara suku- suku yang ada di Kabupaten Keerom.

Dimana daerah Kabupaten Keerom dihuni dari berbagai suku yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia. “ kami harapkan suku- suku yang ada di Kab Keerom dapat menjalin dan komonikasi serta kerja sama yang baik dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif diwilayah Kabupaten Keerom,” harapnya.

Kapolres Emile menambahkan, tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Keerom Tahun 2020 telah sampai di tahapan Kampanye yang dilaksanakan dari pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kab Keerom, untuk itu Kapolres mengajak semua pihak yang ada di Kab Keerom bersama- sama mensukseskan Pilkada Keerom Tahun 2020.

“Jangan mudah terpancing dengan isu- isu berita Hoax yang disebarkan oleh kelompok- kelompok yang dapat menimbulkan kegaduhan di Kab Keerom sehingga pada tanggal 9 Desember 2020 nanti masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya sesuia dengan hati nurani demi kesejahteraan masyarakat Kab Keerom,” tukasnya.

Sementara itu Calon Bupati Keerom MUH Markum, SH.MH.MM mengatakan, pelantikan kepala suku pengunungan tengah yang ada di Kab Keerom priode 2020- 2025 merupakan perjuangan sejak dari Tahun 2017, sehingga hari ini baru dapat dikukuhkan dan dilantik secara resmi menjadi Kepala Suku Pengunungan Tengah di Kab Keerom.

“Kami harapkan kepada Kepala Suku Pengunungan Tengah yang ada di Kab Keerom dapat menjaga persatuan dan mempersatukan dari berbagai suku  di Kab Keerom. sehingga dapat menjaga situasi keamanan di Kab Keerom demi masyarakat yang sejahterah,”ujar Markum.

Sedangkan Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak, SH.M.Si mengatakan, kami dari Asosiasi Bupati- Bupati Pengunungan Tengah akan mengawal pendataan penduduk masyarakat pengunungan tengah yang ada di Kab Keerom, sehingga jangan dijadikan masyarakat pengunungan tengah sebagai alat untuk kepentingan tertentu.

“Masyarakat pengunungan tengah yang ada di Kab Keerom dapat bergadengan tangan dan bersatu dengan berbagai suku lain untuk membangun daerah Kab Keerom yang aman dan sejahterah,” ujar Ham Pagawak. [redaksi]