Aksi Heroik!! Satgas TNI 711/Rks Bantu Selamatkan Dua Anak Yang Tenggelam Di Sungai

27

KEEROM, PapuaSatu.com – Prajurit TNI dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Brigif 22/OM yang berada di Pos Wambes berhasil menyelamatkan 2 (dua) anak, masing-masing Domingkus (10 ) dan Junior (9) yang terjatuh ke sungai dan terbawa arus sungai di Kampung Wambes, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua, Senin (10/10/2022).

Hal tersebut disampaikan Danpos Wambes Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letda Inf Eka Yudha Siregar dalam keterangannya.

Aksi heroik tersebut berawal dari Danpos beserta 10 orang anggota melaksanakan anjangsana dan Komsos di Kampung Wambes.

Tiba-tiba Danpos didatangi oleh salah satu warga yaitu Bapak Piter untuk membantu menolong 2 orang anak terjatuh terbawa arus sungai di Kampung Wambes.

Tanpa pikir panjang Danpos beserta 10 orang anggota langsung menuju lokasi tempat kejadian tersebut.

Dengan sigap dua personel Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Danpos Letda Inf Eka Yudha Siregar dan anggota kesehatan Pratu Julian melompat berenang dengan menelusuri sungai, dan berhasil menemukan dua orang anak yang tersangkut dahan pohon dan berhasil menyelamatkannya.

”Setelah diangkat ke pinggir sungai kondisinya tidak sadarkan diri, kemudian dua anak tersebut diberikan pertolongan pertama nafas buatan karena sang anak banyak minum air sungai,” jelas Danpos Letda Inf Eka Yudha Siregar.

”Setelah anak-anak sadar, dengan kondisi agak lemas, selanjutnya personel membawanya pulang kerumah orang tuanya Ibu Martina (54) untuk dicek kondisi kesehatannya dan dilaporkan ke Dansatgas,” tutur Danpos.

Danpos menyampaikan lebih lanjut, bahwa setiba di rumah orang tuanya, Pratu Julian anggota kesehatan memberikan makan dan minum serta vitamin, sehingga kondisinya sudah membaik.

“Dalam melaksanakan tugas sebagai pengamanan Perbatasan Satgas Pamtas Yonif 711/Rks khususnya Pos Wambes, bukan hanya menjaga dan mengamankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, tetapi juga mengerahkan segala kemampuan untuk memberikan yang terbaik pada masyarakat, sehingga manunggal dengan rakyat dan selalu ada disaat rakyat membutuhkan pertolongan, hal inilah kami bukti saat ini saat menolong menyelamatkan 2 anak yang tenggelam,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letkol Inf Mutakbir menyampaikan sangat mengapresiasi atas tindakan sigap aksi yang dilakukan oleh personel Pos Wambes menyelamatkan anak yang tenggelam di sungai.

“Hal ini menunjukkan kesiapan prajurit dalam membantu kesusahan masyarakat di sekelilingnya,” kata Letkol Inf Mutakbir.

Sementara Ibu Martina selaku orang tua anak tersebut menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih atas bantuan Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Pos Wambes yang telah membantu menyelamatkan kedua anak-anaknya.

“Saya tidak tahu apa yang terjadi kalau tidak ada Bapak-bapak TNI. Terima kasih TNI”, ungkapnya.[redaksi]