Atasi Kegelapan Di Pedalaman Papua, Satgas TNI 321/GT/13/1 Kostrad Pasang Instalasi Listrik

24

NDUGA, PapuaSatu.com – Prajurit Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad memasang instalasi listrik guna membantu penerangan warga pada malam hari di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua. Senin (19/09/2022).

Hal tersebut disampaikan oleh Danpos Yigi Lettu Inf Lukman Nurhuda, S.T.Han. dalam keterangannya.

“Seperti diketahui bersama, saudara kita di Distrik Yigi masih belum tersentuh oleh listrik PLN, dalam kesehariannya masyarakat menggunakan solar cell atau genset untuk setidaknya memberikan penerangan pada malam hari. Hanya beberapa rumah yang memiliki panel solar cell kecil dan satu genset untuk sekampung. Hal ini sudah cukup untuk memberikan penerangan malam hari bagi kampung tersebut,” ucap Danpos.

“Ini juga dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap pembangunan kembali Distrik Yigi yang sudah lama ditinggalkan oleh warga,” imbuh Lettu Inf Lukman Nurhuda.

Di lokasi tersebut, masyarakat masih belum mengerti tentang bagaimana menggunakannya terlebih lagi cara merawat alat tersebut. Bahkan lampu menyala beberapa bulan lalu, tetapi kini instalasi listrik dan sumber daya rusak karena kurang tepat dalam penggunaan serta perawatannya.

Menyikapi kondisi tersebut, Prajurit Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad terpanggil untuk melakukan pengecekan instalasi listrik ke beberapa rumah warga dan memperbaiki kerusakan yang terjadi diantaranya kerusakan pada solar cell, genset, dan accu yang menjadi satu-satunya sumber daya listrik di kampung tersebut.

“Kabel listrik yang menyambung ke rumah-rumah pun dirapihkan oleh prajurit karena hal itu dapat menjadi penyebab korsleting listrik,” pungkas Danpos.

“Warga sangat senang dan ikut turut serta membantu pengerjaannya. Tidak lupa faktor keamanan diutamakan dalam proses pemasangan instalasi listrik ini,” tambahnya.

Selesai pemasangan instalasi Listrik, Lendinus Kogoya (22) mengucapkan terimakasih kepada personel Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad Pos Yigi yang telah memasangkan instalasi listrik di tempat tinggal masyarakat Yigi.

“Terimakasih Bapak TNI Pos Yigi sudah membatu kami memasang lampu penerangan, kami merasa senang, masyarakat sudah tidak kesulitan lagi saat malam hari, semoga Tuhan yang  balas kebaikan Bapak TNI,” ucap Lendinus Kogoya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Mayor Inf Ricky J. Wuwung, S.Sos., M.I.P., Dansatgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad mengatakan pemasangan instalasi listrik sebagai upaya TNI untuk memberikan penerangan kepada warga.

“Kami juga akan selalu membantu perawatan instalasi ini, karena masyarakat belum ada yang mempunyai kemampuan memperbaiki kalau sewaktu-waktu terjadi kerusakan,” pungkas Dansatgas.[redaksi]