Babinsa Pos Ramil Kouh Bersama Dinas TPHPP Beri Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos

19

BOVEN DIGOEL, PapuaSatu.com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Pos Ramil Kouh, Koramil 1711-03/TM Peltu Abubakar beserta rekannya dampingi pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan pembuatan Pupuk Kompos dan Pestisida Nabati yang digelar oleh Dinas TPHPP (Tanaman Pangan, Hortikultura, peternakan dan perikanan) Kab. Boven Digoel, bertempat di Aula Kantor Distrik Kouh, Jl. Mandala Kampung Kouh, Distrik Kouh Kabupaten Boven Digoel, Rabu (21/12/2022).

Markus Maukai, SP selaku Kepala Seksi Penyuluhan Dinas TPHPP mengatakan bahwa pupuk merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan kesuburan tanah ataupun lahan, adapun pupuk yang biasa digunakan oleh para petani khususnya yang berada di Boven Digoel ialah pupuk kimia yang diproduksi oleh pabrik dan pupuk organik.

“Untuk mengurangi ketergantungan penggunaan pupuk kimia di kalangan petani maka Dinas TPHPP (Tanaman Pangan, Hortikultura, peternakan dan perikanan) Kab. Boven Digoel memberikan sosialisasi dan pelatihan pembuatan Pupuk Kompos dan Pestisida Nabati bagi masyarakat,” jelasnya.

“Pupuk Kompos dan Pestisida Nabati ini, pembuatannya tergolong mudah dan bahannya juga mudah dicari serta banyak ditemukan dilingkungan masyarakat, seperti tumbuh-tumbuhan dan bahan organik lainnya.”

“Penggunaan jangka panjang pupuk ini sangat bagus karena tidak meninggalkan residu yang berbahaya bagi tanaman maupun lingkungan serta menyediakan unsur hara mikro bagi tanaman, dapat menggemburkan tanah dan menyuburkan tanah tandus,” ujarnya.

Sementara itu Peltu Abubakar mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Dinas TPHPP terhadap pelatihan pembuatan pupuk kompos bagi warganya.

“Selain bahan mudah didapat, biaya yang dikeluarkan pun relatif murah sehingga tidak memberatkan petani. Saya harapkan hal ini bisa diterapkan oleh warga Distrik Kouh karena saat ini memang dianjurkan mengedepankan perawatan tanaman menggunakan pupuk organik, dan manfaatnya lebih banyak bagi kesuburan tanah dan tanaman,” tutupnya.

Sosialisasi pembuatan pupuk organik tersebut dihadiri oleh Alex Waremba (Mewakil Kepala Distrik Kouh), Brigpol Imran (Babinkamtibmas), Bripda Y. Numberi (Babinkamtibmas), Serda Ricardus Mop (Babinsa), para tamu undangan dan kelompok tani.[redaksi]