Bantu Pemerintah Menyukseskan Program Ketahanan Pangan, Lanud Silas Papare Panen Jagung Perdana Seluas 5,4 Hektar

71

SENTANI, PapuaSatu.com – Setelah melakukan penanaman bibit jagung pada Bulan Februari 2024, Lanud Silas Papare telah berhasil melakukan panen perdananya pada Selasa (28/5/24).

Panen perdana tersebut dihadiri Danlanud Silas Papare, Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Papua, Samuel Siriwa, Pj. Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo dan sejumlah pejabat lainnya.

Danlanud Silas Papare mengungkapkan bahwa luas lahan jagung yang dipanen adalah 4,4 hektar.

“Ini adalah bagian dari program ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh Lanus Silas Papare sesuai dengan instruksi dari pimpinan dalam hal ini dari Panglima TNI dan juga Kepala Staf Angkatan Udara untuk seluruh satuan kerja TNI untuk melaksanakan program ketahanan pangan,” ungkapnya kepada awak media usai panen perdana.

Tidak berhenti di luas 4,4 hektar, Lanud Silas Papare masih akan terus memperluas lahan untuk ketahanan pangan, serta menanam tanaman pangan jenis lainnya, ubi jalar, pisang, dan sayuran.

“Selanjutnya akan kita buka tahap-tahap berikutnya program ketahanan pangan dengan menanam jagung di sebelah timur dari lahan ini ada jagung juga yang ditanam kurang lebih 4 hektar yang baru berusia tanam kurang lebih satu bulan, Kemudian dari sisi barat dari lahan ini ada lahan juga yang disiapkan kurang lebih 7,5 hektar yang itu digarap oleh warga di sekitar kurang lebih oleh 35 orang,” lanjutnya.

Hal itu, kata Danlanud, pihaknya juga ingin memberikan dan memastikan bahwa kehadiran TNI AU bisa memberikan manfaat atau memberikan kontribusi pada masyarakat melalui ketahanan pangan.

Di kesempatan sama, Samuel Siriwa mengungkapkan apresiasinya atas upaya Danlanud Silas Papare tersebut.

“Ini sungguh luar biasa dan apresiasi bahwa di saat masyarakat kita terutama para pengusaha ternak lagi kekurangan pakan ternak asal jagung,” ungkapnya.

Dikatakan, kebutuhan jagung saat ini sangat besar, sehingga penanaman jagung oleh Lanud Silas Papare dapat mengurangi ketergantungan Papua terhadap daerah lain untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak.

Yang mana, produksi ayam potong dan telur ayam ras di Jayapura, juga untuk memenuhi kebutuhan daerah lain, terutama di daerah Pegunungan Papua.

Apresiasi yang tinggi juga disampaikan Triwarno Purnomo yang pada saat penanaman bibit jagung perdana juga turut menanam.

“Saya hari ini merasa bahagia, karena kurang lebih tiga bulan lalu kita melakukan penanaman perdana, bersama Pangkoops III dan Danlanud, dan hari ini panen,” ungkapnya.

Yang mana, lahan yang digarap awalnya penuh belukar dan bebatuan.

“Saya sangat mengapresiasi ini, karena Danlanud Silas Papare membantu kami pemerintah daerah dalam melaksanakan program-program pemerintah, khususnya di ketahanan pangan ini,” ujar Triwarno.[yat]