Banyak Kesan Pesan Untuk Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS Di Puncak Jaya Papua

58

PUNCAK JAYA, PapuaSatu.com – Bertempat di Kampung Wurak Distrik ILU Kabupaten Puncak Jaya Papua, Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks menggelar acara ramah tamah dan perpisahan dengan tokoh masyarakat, Minggu (18/12/2022).

Seperti diungkapkan Wadansatgas Mayor Inf Heri Andy Nova Sirait menyelenggarakan acara tersebut dengan mengundang warga dan tokoh masyarakat yang berada di sekitar Posramil ILU.

“Bahwa Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks sebentar lagi pulang ke Home Base dan digantikan oleh satuan yang bertugas di tempat ini. Atas nama Satgas dan seluruh prajurit yang telah bertugas di Kabupaten Puncak Jaya Papua mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas partisipasi, bantuan, saran serta doanya selama kami bertugas di tempat ini,” pungkas Wadansatgas.

“Kegiatan yang telah Satgas berikan semoga bermanfaat, yaitu Ekonomi kreatif (kios) Tata boga dan edukasi keterampilan pangkas rambut/cukur di SMA 1 ILU yang telah dibangun bersama, baik warga maupun ke para siswa SMA Negeri 1 ILU, termasuk pengibaran Bendera Merah Putih perdana di Kampung Dolinggame Distrik ILU. Dapat kita laksanakan bersama-sama, Luar biasa semangat, penuh dengan perjuangan, sehingga Bendera Merah Putih bisa berkibar,” tambahnya.

Sementara itu, Ibu Norce guru SMA Negeri ILU tak kuasa menahan haru, dengan suara terbata-bata mengucapkan terima kasihnya kepada Bapak Wadan beserta seluruh anggota yang bertugas.

“Rasanya waktu begitu cepat berlalu, Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks tak terasa bertugas di tempat Kami dan sudah waktunya harus pulang. Begitu banyak bantuan yang telah Satgas ini berikan terutama bagi para siswa kami,” tutur Bu Norce.

“Satgas telah memberi banyak kenangan pada sekolah kami, SMA Negeri 1 ILU ini, mulai dari Pembangunan Ekonomi Kreatif, yang mana merupakan peletakan dasar bagi para siswa Kami dalam membangun ekonomi secara mandiri, mendidik untuk melakukan wirausaha. mengajarkan para siswa kami terutama pendidikan bela negara, cinta tanah air Indonesia yang kita cintai, mengajarkan pentingnya hidup dalam kedisiplinan, mengajarkan bagaimana menghormati dan mencintai guru dan orang yang lebih tua,” tambahnya.

Demikian pula disampaikan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 ILU (Tudiben Wakerwua) memberikan kesannya selaku sebagai Kepala Sekolah SMA Negeri 1 ILU sangat mengenal betul Satgas TNI.

“Apa yang telah diberikan Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks ini nyata adanya. Salah satu guru kami telah memberi kesaksiannya. Saya sebagai pribadi, dan atas nama Dinas Pendidikan Kabupaten Puncak Jaya Papua, serta keluarga besar SMA Negeri 1 ILU beserta para siswa dan orang tua siswa, mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas bantuan, perhatian yang telah diberikan demi kemajuan pendidikan siswa-siswi kami, semoga amal ibadah seluruh anggota Satgas ini diterima oleh Tuhan YME. Dan semoga diberi kesehatan dan keselamatan dalam perjalanan pulang, hingga sampai kembali ke Markas di Sumedang- Jawa Barat, “Terima kasih,” tutur Kepala Sekolah.

Hal yang sama disampaikan Mantri Puskesmas Distrik ILU (Bapak Gandi) mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Posramil ILU Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks, atas kerjasamanya selama ini.

“Pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat dilaksanakan dengan maksimal,” ucapnya.

“Satgas ini pun setiap harinya  membantu puskesmas dalam melayani warga yang datang berobat, atau yang datang cek kesehatan. Selain itu saya sendiri melihat Satgas ini membuka Pos pelayanan kesehatan, dan ada saja warga yang datang ke Pos untuk berobat. Bahkan Satgas ini, mendatangi rumah warga di malam hari untuk memberi pertolongan pengobatan. Satu kata untuk Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks … Luar Biasa…,” ujar Bapak Mantri.

Taklupa juga diungkapkan Bapak guru (Marthen Nginndi Ate, Guru SD Inpres ILU) bahwa keberadaan Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks secara pribadi dan orang tua para siswa-siswi akan terkenang.

“Bagaimana tidak akan Kami kenang, Satgas ini mengajar sekolah SD Inpres ILU yang karena kurangnya tenaga pengajar di sekolah kami. Penghargaan kami setinggi-tinggi kepada Komandan, Wadansatgas dan seluruh anggota yang bertugas di sini,” tuturnya.

“Setiap hari secara bergiliran para anggota Satgas mengajar pada sekolah kami ini. Bukan hanya mata pelajaran resmi yang diajarkan. Saya dan semua guru melihat secara langsung, bagaimana Satgas ini memberikan pelajaran ekstra mengajarkan seperti menanamkan jiwa Nasionalisme, Cinta Tanah Air Indonesia Raya, mengajarkan kedisiplinan, menghargai dan menghormati orang tua. Semoga pengganti dari Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks dapat melanjutkan apa yang dilakukan Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks inj, harapannya kami mewakili Suku Batak menyampaikan, “Selamat HORAS,” ungkap Marthen Nginndi Ate.

Lebih lanjut, Frans Tabuni Pendeta GIDI Bethel Distrik ILU Dik Kogoya (Wakil Ketua Klasis Yalu-ILU) keduanya secara bergantian memberikan kesan dan pesannya, sejurus suasana hening… terlihat keduanya menangis, tampak dari keduanya menyeka air matanya,

Bapak Frans Tabuni Pendeta GIDI Bethel Distrik ILU memulai, memecah suasana hening, dengan suara bergetar menahan haru.

“Entah dari mana saya harus memulai, tetapi setiap kedatangan pasti ada kepulangan, demikian pula Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks ini. Ingin rasanya menahan dan meminta agar Satuan ini berada di tempat kami, tugaslah yang mengantarkan saudara-saudara kami sehingga ada di sini, dan tugas pulalah yang harus meminta agar kembali ke Satuannya di Jawa Barat,” ucapnya.

“Dari kesan dan kesaksian yang disebutkan betul adanya, saya sendiri melihat secara langsung, bagaimana Satgas ini menjemput warga di rumahnya, bahkan seorang Perwira yang tidak perlu saya sebutkan namanya menggendong warga yang lumpuh untuk diobati di Pos yang memang Pos kesehatan buka setiap harinya. Tuhan betul-betul mengirimkan Malaikat di wilayah kami.”

“Kebaikan Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks ini tidak dapat Kami sebutkan satu persatu, terakhir Satgas ini membantu membersihkan Gereja, membuat pernak-pernik bahkan memberikan Pohon Natal yang sangat indah, itu semuanya hasil karya dari Satgas. Bahkan Satgas ini pun kemarin, mendatangi rumah warga yang kurang mampu dengan berpakaian Sinterklas memberi hadiah Natal, sembako dan beberapa ekor bebek entok bagi warga yang kurang mampu, bahkan Sinterklas dari Satgas ini mendatangi rumah pengurus gereja termasuk rumah saya,” tutur Bapak Pendeta.

Diakhir acara Bapak Pendeta memberikan cendramata kepada Wadansatgas dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks, semoga diberi kesehatan, keselamatan dalam perjalanan hingga sampai Markas di Sumedang Jawa Barat. Acara di tutup doa bersama.[redaksi]