Bentuk Perhatian Anak-anak Di Papua, Satgas TNI 142/Kj Ajarkan Mengaji

25

MAMBERAMO RAYA, PapuaSatu.com – Ilmu agama menjadi tiang dasar pendidikan akhlak bagi seorang anak dalam kehidupan sehari-hari. Ini menjadi perhatian khusus anggota Pos Dabra Satgas Pamtas RI-PNG Yonif R/142 Kj untuk mengajarkan anak-anak mengaji di Musholla Pos Dabra di Kampung Dabra, Distrik Mamberamo hulu, Kabupaten Mamberamo Raya, Papua Pegunungan Tengah, Selasa (4/10/2022).

Hal tersebut disampaikan Komandan Pos Dabra Satgas Pamtas RI-PNG Yonif R 142/ Kj Lettu Inf Jefri Gunawan dalam keterangannya.

Danpos mengungkapkan bahwa kegiatan mengajarkan anak-anak mengaji dipimpin oleh Dantim I Letda inf Sutrisno, Serda Ardi dan Pratu Lubis anggota Pos Dabra dengan tujuan memotivasi anak-anak agar lebih giat lagi memperdalam ilmu agama Islam, diharapkan kelak mereka dewasa sudah memiliki bekal dasar keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT.

“Kita memberikan pengajaran mengaji ini merupakan panggilan hati, kita  rela dan ikhlas mengajar mengaji anak-anak khususnya yang beragama Islam,” ungkap Danpos.

Sementara itu, Dantim I Letda inf Sutrisno menyampaikan bahwa kita ajarkan anak-anak mulai dari bacaan surat pendek, Iqra dan cara membaca Alquran yang baik dan benar terutama Tajwid yg harus menjadi pedoman dasar dalam membaca Al-Qur’an

”Kegiatan ini disambut gembira anak-anak disini. Selain memang ingin menimba ilmu agama dengan belajar mengaji, mungkin ini menjadi pengalaman berkesan bagi mereka bisa belajar mengaji dengan seorang tentara,” kata Serda Ardi.

”Kami berharap apa yang kita lakukan ini bermanfaat bagi anak-anak kedepannya dan menambah wawasan tata cara belajar Al-Qur’an menurut Tajwid yang benar, sehingga kegiatan yg kita lakukan ini memiliki hasil sesuai yg diharapkan,” imbuh Dantim.

Ungkapan terima kasih terlontarkan dari anak-anak kepada Satgas Yonif R 142/ Kj yang telah mengajarkan membaca Iqra dan Al-Quran, seperti ungkapan seorang anak Izam.

“Kami sudah lama tidak mengaji, adanya om dan abang tentara mengajar mengaji kami senang,” ucap anak-anak bersama-sama dengan gembira.[redaksi]