Bersama The Spirit of Papua, Kapolda Bagikan 503 Sembako Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

318
Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw bersama Tim Posko The Spirit of Papua saat memperlihatkan bingkisan yang akan dibagikan kepada masyarakat terdampak Covid-19
Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw bersama Tim Posko The Spirit of Papua saat memperlihatkan bingkisan yang akan dibagikan kepada masyarakat terdampak Covid-19

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Aksi kemanusiaan atas nasib masyarakat terdampak kebijakan pembatasan aktifitas transportasi dan ekonomi terus dilakukan berbagai pihak, dengan menyumbangkan sembako dan kebutuhan lainnya terkait upaya pencegahan penularan Covid-19.

Salah satunya, dilakukan The Spirit of Papua, yang pada Sabtu (18/04/20) bersama Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw membagikan 503 paket sembako ke masyarakat di Kabupaten dan Kota Jayapura.

Sebelum penyerahan sembako yang berisi beras, minyak goreng, ikan kaleng, dan lain-lain, Kapolda Papua berkesempatan melakukan pengecekan stok Sembako dan berbagai jenis bantuan lain yang terkumpul di Posko The Spirit of Papua.

Diawali dengan penyerahan untuk masyarakat kawasan Pos 7 Sentani, akan terus berkeliling untuk membagikan sembako kepada masyarakat di sekitar Danau Sentani.

Karena terkait pembatasan transportasi, kata Kapolda, bantuan tidak bisa disalurkan di kabupaten yang tidak bisa dijangkau dengan transportasi darat.

“Untuk sementara kita salurkan ke masyarakat di Kabupaten/Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom,” ungkapnya kepada awak media di Posko The Spirit of Papua, Kotaraja, Kota Jayapura, Sabtu (18/4/20).

Posko The Spirit of Papua sendiri didirikan sejak 5 April 2020 sebagai tempat pengumpulan bantuan dari berbagai pihak, baik aparat pemerintah maupun swasta, guna menyikapi situasi sosial ekonomi yang dialami masyarakat akibat pembatasan yang diberlakukan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

Kata Kapolda, bantuan terus mengalir, tidak saja dari aparat Negara dan kalangan swasta di Kota/Kabupaten Jayapura, tetapi juga ada yang dating dari luar Papua.

Pihak pengelola posko pun terus berupaya mengumpulkan sumbangan, baik berupa Sembako ataupun bahan pembuat disinfectant dan lain-lainnya yang dibutuhkan dalam membantu upaya pemerintah menanggulangi pandemi Covid-19.

Samuel Tabuni, selaku Koordinator Posko The Spirit of Papua, mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan adalah sebagai spirit kemanusiaan yang difasilitasi Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw.

“Virus ini endemic global, sama dengan perang dunia ketiga. Semua Negara dia serang,” ungkapnya.

Oleh karena itu, tidak boleh hanya mengandalkan tenaga medis saja, tapi semua komponen masyarakat harus terlibat untuk ‘berperang’ melawan Covid-19.[yat]