BNPT Rangkul Mama-Mama Untuk Viralkan Pencegahan Terorisme

22
Narasumber pada dialog pencegahan terorisme oleh Bidang Perempuan dan Anak FKPT Provinsi Papua

SENTANI, PapuaSatu.com – Tindakan pencegahan terhadap munculnya paham radikalisme dan terorisme di masyarakat menjadi konsen Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Selain merangkul kaum muda, BNPT melalui Bidang Perempuan dan Anak pada Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Papua merangkul mama-mama untuk memviralkan perdamaian.

Hal itu dengan mengumpulkan sekitar 100 orang mama-mama yang merupakan perwakilan organisasi wanita/perempuan untuk berdialog dengan tag line “Perempuan Top Viralkan Perdamaian”, di Helebhey Obhe (balai adat) Ondofolo Kampung Sereh Sentani, Yanto Khomlay Eluay, Rabu (23/11/22).

Ketua Bidang Perempuan dan Anak FKPT Papua, Dorlince Mehue mengungkapkan bahwa program tersebut dilaksakan secara nasional.

“Tujuan yang sesungguhnya adalah untuk memberikan gambaran secara jelas kepada masyarakat, khususnya mengenai terorisme di Indonesia, meliputi kerawanan hingga pertumbuhannya sebagai bagian dari kewaspadaan bersama dalam pencegahan terorisme,” ungkapnya.

Selai itu, lanjutnya, juga untuk meningkatkan sinergi antara FKPT sebagai bagian terdepan di masyarakat dalam pencegahan terorisme dengan tokoh perempuan, organisasi masyarakat perempuan, dan perkumpulan perempuan di lingkungan TNI, Polri dan masyarakat umumnya.

“Yang ketiga, mendorong masyarakat, khususnya perempuan untuk lebih bijaksana dalam memahami kondisi terkini dan fakta di lingkungan masyarakat sehingga dapat mengaplikasikan pemahamnnya kepada keluarga dan lingkungan terdekat sebagai daya cegah dan tangkal terhadap penyebaruasan paham terorisme di masyarakat maupun di media sosial,” jelasnya.

Sejumlah tokoh perempuan, organisasi masyarakat perempuan, dan perkumpulan perempuan di lingkungan TNI, Polri dan masyarakat umumnya saat mengikuti Perempuan Top Viralkan Perdamaian di Helebey Obhe Kampung Sereh, Sentani
Sejumlah tokoh perempuan, organisasi masyarakat perempuan, dan perkumpulan perempuan di lingkungan TNI, Polri dan masyarakat umumnya saat mengikuti Perempuan Top Viralkan Perdamaian di Helebey Obhe Kampung Sereh, Sentani

Bupati Jayapura yang diwakili Asisten II Setda Kabupaten Jayapura, DR. Joko Sunaryo saat membuka kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa Perempuan Top Viralkan Perdamaian sangat penting dalam menambah pengetahuan para mama-mama terkait upaya pencegahan terorisme.

“Ini sangat baik untuk menambah pengetahuan bagi ibu-ibu, karena kita tau bahwa peran perempuan sangat penting dalam berbagai aspek, termasuk dalam upaya pencegahan munculnya terorisme di tengah masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, juga menghadirkan Adityas Pranowo selaku Ka Sub Dit Pemberdayaan Masyarakat, Direktorat Pencegahan, Kedeputian Pencegaan, Perlindungan dan Deradikalisasi, BNPT, sebagai salah satu pemateri pada kegiatan Perempuan Top Viralkan Perdamaian tersebut.[yat]