BPR Sunni Salurkan Bantuan Paket Sembako Bagi Masyarakat Kurang Mampu di Kota Jayapura

0
775
Caption : Manajemen BPR Sunni Jayapura, saat menyerahkan bantuan paket sembako kepada salah satu petugas kebersihan Kota Jayapura,di kantor BPR Sunni Jayapura-Kotaraja, Jum’at (08/05/2020) pagi.
Caption : Manajemen BPR Sunni Jayapura, saat menyerahkan bantuan paket sembako kepada salah satu petugas kebersihan Kota Jayapura,di kantor BPR Sunni Jayapura-Kotaraja, Jum’at (08/05/2020) pagi.

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sunni Jayapura-Papua, menyalurkan puluhan bantuan paket sembako kepada masyarakat kecil diantaranya, petugas kebersihan Kota Jayapura, tuna netra dan kepada penjual pinang yang merupakan Orang Asli Papua (OAP), pada Jum’at (08/02/2020).

Penyerahan bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian BPR Sunni kepada masyarakat kecil ke bawah, terutama dalam merayakan Bulan Suci Ramadhan dan menghadapi pandemi Covid-19 yang selama ini telah menyebar di seluruh dunia, khususnya di tanah Papua.

Ketua panitia penyalur sembako Iqbal Asri, kegiatan sosial yang dilakukan merupakan rutin di setiap hari besar, seperti kegiatan bulan suci Ramadhan, yang sebelum membagikan Takjil setiap tahun.

Namun karena bertepatan tahun ini terjadi wabah virus Corona (Covid-19), maka BPR Sunni mengalihkan kegiatan dengan menyalurkan bantuan paket sembako, terutama kepada masyarakat yang dianggap kurang mampu.

“Sebelum kami salurkan bantuan paket sembako, terlebih dulu melakukan pendataan dan bagi mereka yang layak maka kami serahkan langsung. Jadi bantuan ini terutama kepada tukang sapu di jalan, penjual pinang khusus OAP dan kepada Tuna Netra yang berada di toko-toko dan Mall di wilayah Abepura,” ujarnya.

Selain tukang sapu dan penjual pinang, lanjut Iqbal, BPR Sunni juga memberikan bantuan sembako kepada beberapa nasabah sekaligus memberikan keringanan dalam pembayaran angsuran.

“Kami serahkan bantuan kepada nasabah ini, ketika datang ke kantor dan meminta keringanan dan hasil wawancara kami, kami harus memberikan keringanan dan menyerahkan paket sembako. Bantuan ini juga untuk memotivasi nasabah dalam hal pembayaran angsurannya,” papar Iqbal.

Direktur Utama PT. BPR Sunni Jayapura, Patrisius Randa SH.,MH
Direktur Utama PT. BPR Sunni Jayapura, Patrisius Randa SH.,MH

Sementara itu, Direktur Utama PT. BPR Sunni Jayapura, Patrisius Randa SH.,MH menuturkan, bantuan paket sembako yang diberikan kepada masyarakat menengah ke bawah ini diantaranya, beras, gula pasir, Daun Teh, Minyak Goreng, Ikan Kaleng, Mie Rebus.

“Kami serahkan ini hanya kepada masyarakat kita yang mengalami kesulitan ekonomi  ditengah menghadapi Pandemi Covid-19 ini. Ya, kami fokuskan mungkin kepada mereka yang jarang diperhatikan, seperti petugas kebersihan, mama penjual pinang, Tuna Netra, kesulitan keuangan termasuk nasabah kami yang kesulitan mendapatkan uang,” ujarnya

Patrisius mengakui bahwa pemberian bantuan ini selain merupakan salah satu kegiatan CSR BPR Sunni, juga merupakan wujud syukur atas tercapainya target dari pemegang saham di tahun 2019 dan di kuartal pertama tahun 2020.

“Jadi dalam RUPS itu pemegang saham berupaya memberikan apa yang menjadi kelebihan kami kepada mereka yang sedikit berkekurangan. Artinya, ini merupakan wujud syukur atas tercapainya target dari pemegang saham di tahun 2019 dan di kuartal pertama tahun 2020 sehingga kami membagikan apa yang kami miliki.  Meski bantuan terbatas, namun  kami lebih memfokuskan kepada masyarakat kita orang asli Papua,” ujarnya.

Alen Bernard Patinama selaku penerima bantuan paket sembako, menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada BPR Sunni yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat kecil ke bawah, terutama kepada tukang sapu jalanan.

“Kami harus menyampaikan terima kasih kepada BPR Suni karena masih ada yang bisa memperhatikan kami, terutama bagi kami yang berprovesi penyapu jalan di sepanjang Jalan Otonom sampai jembatan Kotaraja Luar,” kata Alen usai menerima sembako dari BPR Sunni  yang sehari-hari bekerja di pinggir jalan untuk menyapu setiap hari.

Alen menyampaikan apa yang diberikan  BPR Sunni menjadi kebanggan tersendirinya bagi dirinya, karena bisa membantu kebutuhan ekonomi keluarga ditengah menghadapi Covid-19. “Dengan bantuan ini, maka saya bisa kembali semangat dan sekali lagi saya menyampaikan terima kasih banyak kepada BPR Sunni, sehingga lewat bantuan berkat dan rejeki terus bertama bagi BPR Sunni,” ujarnya.

Gerard Rumbewa selaku penjual pinang yang juga ikut menerima bantuan paket sembako, menyampaikan ucapan terima kasih. “Dengan bantuan ini bisa menambah kebutuhan dalam rumah tangga. Dan saya berharap agar BPR Sunni tetap jaya dalam pengembangan ekonomi di tanah Papua, khususnya di Kota Jayapura,” ujar dia.

Hal yang sama disampaikan Mama penjual pinang di wilayah Vuria, Kotaraja dalam, Sarlota Sayori. Dimana dirinya merasa terbantu atas bantuan paket sembako yang diberikan BPR Sunni. “Terima kasih, saya ucapkan terima kasih kepada  BPR Sunni.  Saya doakan BPR Sunni dibawah pimpinan Pak Patrisius bisa terus berjalan,” ucapnya seraya dengan wajah senyum usai menerima bantuan. [loy]