Buka Solusi Permasalahan Papua, Kodam XVII/Cenderawasih Fasilitasi Pembentukan Ormas P5

0
487
Caption : Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Irham Waroihan, saat bersalaman dengan peserta rapat komindat di Makodam XVII/Cenderawasih, Rabu (15/01/2020)
Caption : Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Irham Waroihan, saat bersalaman dengan peserta rapat komindat di Makodam XVII/Cenderawasih, Rabu (15/01/2020)

JAYAPURA, PapuaSatu.com –   Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Irham Waroihan membuka Forum Rapat Kominda Tahun 2020 dalam rangka Membahas Pembentukan Ormas Presidium Putra Putri Pejuang Papera (P5), Rabu (15/01/2020).

Kasdam XVII/Cenderawasih menyampaikan bahwa Forum Rapat Kominda ini bertujuan untuk membahas pembentukan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Presidium Putra Putri Pejuang Papera.

Ormas ini, kata Kasdam,  akan beranggotakan/menaungi anak-anak keluarga besar pejuang dan veteran serta masyarakat pada umumnya yang akan bergabung di seluruh wilayah Provinsi Papua.

“Organisasi P5 yang akan dibentuk menyampaikan beberapa tawaran solusi atas masalah yang terjadi di Papua, baik dibidang pendidikan, sosial budaya dan kesejahteraan serta permasalahan lainnya,” ucapnya.

Ia berharap Ormas yang dibentup menjadi masukan bagi pemerintah daerah dan pusat agar masalah Papua sebagai bagian tak terpisahkan dari NKRI dapat terselesaikan dengan baik dan menyeluruh.

“Kalau melihat generasi muda Papua hari ini kami lihat nasionalismenya lemah sekali sehingga banyak yang sering turun ke jalan dan menuntut referendum, maka dari itu kita harus menciptakan sebuah solusi sebagai jalan keluar untuk menjaga keutuhan Papua sebagai dari bagian NKRI,” katanya.

Lanjut Kasdam untuk saat ini semua harus bekerja sama untuk menambah kepercayaan dilingkungan masyarakat, agar masyarakat dapat lebih percaya kepada Pemerintah Daerah, TNI dan Polri serta institusi pemerintah/negara untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di Papua.

Suasana rapat pembentuka Ormas P5
Suasana rapat pembentuka Ormas P5

Kasdam menegaskan untuk menjaga rasa nasionalisme dikalangan masyarakat, generasi pemuda dan anak-anak di Papua, negara perlu memperhatikan para tokoh-tokoh pejuang dan Veteran di Papua karena mereka yang selama ini telah bersama dengan pemerintah menjaga Papua. Termasuk memperhatikan kesejahteraan para pejuang/Veteran Pepera.

“Karena mereka juga yang mengetahui sejarah Pepera itu sendiri agar kedepan mereka juga akan hadir sebagai Benteng Negara. Dalam hal ini Pemuda Panca Marga Papua perlu mendapat dukungan pemerintah guna mengawal putra putri papua dalam mengawal kedaulatan NKRI ditanah Papua,” pungkas Kasdam.

Sementara itu, hasil dari Forum yang disepakati yakni, pertama pertama Forum sangat setuju dan antusias dengan ide gagasan pembentukan Ormas P5 guna memberikan kontribusi yang maksimal dalam pembangunan Papua ke depan namun perlu adanya tim kecil dan pertemuan lanjutan untuk merumuskan Format dari Organisasi tersebut.

Kedua, Ormas yang dibentuk menginginkan agar perlunya sinergitas antara stake holder yang ada di wilayah Papua guna akselerasi tercapainya tujuan Ormas P5.

Hadir dalam kegiatan Forum KOMINDA tersebut beberapa pejabat antara lain Aster Kasdam XVII/Cenderawasih, Dandim 1701/Jayapura, Polda Papua, Kakesbangpol Provinsi Papua, Tokoh Pemuda/Adat, perwakilan dari Instansi Kejaksaan, Bea Cukai/Imigrasi, Lanud SPR, Lantamal X dan Polresta Jayapura. [redaksi]