Bupati Jayapura Kukuhkan Pengurus FKUB Kabupaten Jayapura Periode 2020-2025

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,SE, M.Si, saat mengukuhkan Pengurus FKUB Kabupaten Jayapura di Aula Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Senin (26/04/21)
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,SE, M.Si, saat mengukuhkan Pengurus FKUB Kabupaten Jayapura di Aula Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Senin (26/04/21)

SENTANI, PapuaSatu.com – Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Jayapura Periode 2020-2025 resmi dikukuhkan oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,SE, M.Si, di Aula Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Senin (26/04/21).
Kepengurusan yang terdiri para tokoh dari berbagai agama yang ada di Indonesia tersebut, dipimpin oleh Pdt. Albert Yoku,S.Th.
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,SE,M.Si dalam sambutannya menekankan bahwa FKUB adalah mitra pemerintah, juga mitra forkopimda yang ada di Kabupaten Jayapura.
Karena itu, Bupati Awoitauw berharap agar FKUB bisa bisa bersama-sama, menjadi sebuah kekuatan dalam menjaga persatuan umat beragama yang ada di Kabupaten Jayapura khususnya, dan di Papua pada umumnya.
“Kita percaya adanya Tuhan Allah penguasa alam semesta, karena itu kita terus meminta pertolongan-Nya,” ujar Bupati.
Pengukuhan tersebut, kata Bupati Awoitauw, sebenarnya hanya formalitas, untuk bisa dilihat bersama, karena para pengurusnya sudah menunjukkan karyanya bagi umat sejak sebelum dikukuhkan.
Pdt. Albert Yoku,S.Th saat ditemui usai pengukuhan mengungkapkan, bahwa kepengurusan FKUB yang dipimpinnya telah mendapat SK dari bupati sejak Tahun 2020.
Namun atas berbagai pertimbangan terkait jumlah pengurus, dan hal-hal lainnya, sehingga baru bisa dikukuhkan pada Senin (26/04/21).
Diakui, bahwa adanya potensi munculnya perselisihan antar aliran agama atau bahkan antar agama.
Namun, situasi kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Jayapura yang telah dicananhkan sebagai zona kerukunan beberapa tahun silam tetap dapat terjalin dengan baik.
“Kita lihat sendiri, wartawan semua rukun, pemerintah rukun, TNI, Polri dan kita Pengurus FKUB dari berbagai agama yang ada di Indonesia juga ruku,” ujarnya.[yat]