Bupati Jayapura Resmikan Operasionalnya 19 BTS Bakti Kominfo Untuk Daerah Non 3T

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,SE,M.Si saat menandatangani prasasti pada peresmian opersional BTS di Kampung Yakonde, Diatrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Senin (5/12/22)
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,SE,M.Si saat menandatangani prasasti pada peresmian opersional BTS di Kampung Yakonde, Diatrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Senin (5/12/22)

SENTANI, PapuaSatu.com – Warga sejumlah kampung non 3T (Terdepan, Tertinggal dan Terpencil) di Kabupaten Jayapura kini dapat menikmati akses telekomunikasi berbasis seluler.

Hal itu setelah dari target 46 titik (site) pembangunan tower Base Transceiver Station (BTS), 19 site diantaranya telah resmi on air (memancarkan) jaringan seluler 4G.

Keberhasilan pembangunan tower BTS tersebut diresmikan oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,SE,M.Si di salah satu tower BTS yang berlokasi di Kampung Yakonde, Diatrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Senin (5/12/22).

“Ini sebuah karya besar, dan kedepan saya berharap bisa dilanjutkan untuk daerah-daerah yang perlu lagi,” ungkap Mathius Awoitauw kepada wartawan usai peresmian.

Dikatakan, dalam membangun tower BTS, dihadapkan dengan tantangan medan, terutama di daerah-daerah yang akses jalannya masih minim.

“Ini kado natal untuk masyarakat di Kabupaten Jayapura,” ungkap Mathius Awoitauw yang pada 12 Desember nanti akan mengakhiri jabatannya sebagai Bupati Jayapura setelah dua periode memimpin.

Hal itu juga diakui oleh Hari Wibowo, Kepala PMO pada PT Infrastruktur Bisnis Sejahtera, bahwa ada daerah-daerah yang droping materialnya harus menggunakan helikoprer.

“Ini adalh komitmen Bakti Kominfo untuk mencerdaskan, untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi di Papua, baik di daerah 3T maupun non 3T,” ungkap Hari.

Dikatakan, dari 46 site, 39 diantaranya telah dilakukan droping material, yang dari 39 site tersebut, 19 site telah selesai dibangun dan sudah on air.[yat]