Cegah Stunting, Bunda PAUD Kota Jayapura Edukasi Murid PAUD Kencana Waripoi Makan Ikan

0
379
Caption : Bunda PAUD Kota Jayapura, Kristhina R.I.L Mano, S.IP, M.AP saat menyuapi ikan goreng ke salah satu murid PAUD Kencana Waripoi. Foto : Ayu Vhino/PpapuaSatu.com
Caption : Bunda PAUD Kota Jayapura, Kristhina R.I.L Mano, S.IP, M.AP saat menyuapi ikan goreng ke salah satu murid PAUD Kencana Waripoi. Foto : Ayu Vhino/PpapuaSatu.com

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Pencegahan stunting atau masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama terus dilakukan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengedukasi anak-anak untuk memakan ikan.

Hal tersebut juga dilakukan oleh Bunda PAUD Kota Jayapura di PAUD Kencana Waripoi yang terletak di halaman kantor BKKBN Provinsi Papua, Selasa (10/12).

Bunda PAUD Kota Jayapura, Kristhina R. I. L. Mano, S.IP, M.AP, menjelaskan pentingnya  konsumsi ikan bagi anak-anak usia dini terlebih lagi difokuskan pada seribu hari kehidupan pertama.

“Kandungan protein dalam ikan begitu banyak sehingga kita berharap dengan memberikan anak-anak ikan, gizi mereka akan bertambah,” jelasnya.

Ia juga menghimbau pada para orang tua untuk rajin mengarahkan anak-anak memakan ikan. “Makan ikan adalah hal yang sangat penting. Untuk kita semua, paling tidak seminggu kita mengkonsumsi ikan, kepada para orang tua, saya juga menitipkan bahwa, berikan gizi kepada anak-anak, karena anak ini adalah generasi emas Papua, kedepan harus lebih baik dari kami yang ada,” himbaunya.

Senada dengan itu, Ketua Pengelolah PAUD Kencana Waripoi, Dra. Karolina R.S. Wenggi, MH meminta agar orang tua tidak menghiraukan gizi anak-anak dan terus membiasakan anak-anak memakan makanan penuh gizi.

“Biasakan anak-anak makanan yang sehat.  Mudah-mudahan lewat kegiatan ini menjadi langkah awal, gebrakan untuk bisa di viralkan lagi, orang tua juga memperhatikan supaya tumbuh kembang anak, kita harus memahami bahwa anak harus bertumbuh mulai tinggi badan dan berat badan sesuai dengan standar yang di tentukan, orang tua berpartisipasi untuk tumbuh kembang anak,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah PAUD Kencana Waripoi, Lenorce Selaya S.Pd menyayangkan karena dalam keseharian, anak-anak kerap kali dibekali makanan siap saji.

Menurutnya, kendala terbesar orang tua itu tidak membiasakan anak makan ikan, sering kali mereka praktis saja seperti ayam goreng, kadang juga makanan siap saji. Sebenarnya tidak apa-apa, mungkin orang tuanya sibuk.

Akan tetapi lanjutnya, lewat kegiatan ini, kita mengedukasi kepada anak dan orang tua khususnya. “Untuk itu, kita punya pendidikan keluarga, maka orang tua juga bersama-sama untuk mengajak anak makan ikan, tidak takut dengan ikan, ikan membantu pertumbuhan kecerdasan otak anak,” tukasnya. [ayu]