Ciptakan Wilayah Nyaman, Babinsa Okaba Bersama Masyarakat Lakukan Sweeping Miras

44

MERAUKE, PapuaSatu.com – Dalam rangka ikut serta menciptakan wilayah yang aman, tertib dan nyaman di wilayah tugas dan tanggung jawabnya, Babinsa Koramil 1707-06/Okaba jajaran Kodim 1707/Merauke Sertu Mujiono bersama masyarakat Kampung Waboyo Distrik Tubang Kabupaten Merauke melaksanakan sweeping minuman keras (Miras) lokal. Kamis (17/11/2022).

Babinsa Sertu Mujiono menyampaikan bahwa sampai saat ini di wilayah Kampung Waboyo Distrik Tubang masih adanya beberapa oknum membuat minuman keras lokal jenis sagero yang terbuat dari air pada bunga kelapa.

“Dengan masih adanya beberapa oknum mengkonsumsi minuman keras lokal jenis sagero sering menimbulkan pertengkaran atau perkelahian antar sesama, menyebabkan terganggunya keamanan dan ketertiban, membuat perasaan resah serta kurangnya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang lain,” ungkap Babinsa Sertu Mujiono.

“Untuk mencegah maraknya Miras dan membuat wilayah yang nyaman, saya bersama Ketua Adat Kampung Waboyo Bapak Nico Kahol dan Sekretaris Kampung Waboyo Bapak Romanus dengan didampingi para aparat Kampung Waboyo melaksanakan sweeping disetiap pohon kelapa yang bunganya dijadikan bahan minuman keras lokal jenis sagero dengan cara memotong sebagian bunga kelapa lalu air yang keluar menetes masuk di dalam botol atau jerigen yang sudah disiapkan,” jelasnya.

Babinsa Sertu Mujiono menambahkan, dari hasil sweeping tersebut telah didapatkan beberapa bunga pohon kelapa yang dibuat bahan minuman keras lalu mengambil bunga dan botol serta jerigen yang dijadikan alat untuk dimusnahkan serta memberikan sedikit tindakan kepada masyarakat yang terbukti membuat minuman jenis sagero tersebut untuk membuat efek jera agar kedepannya tidak dilakukan lagi.

Ketua Adat Kampung Waboyo Bapak Nico Kahol menyampaikan banyak terimakasih kepada Babinsa Koramil Okaba yang selalu peduli dengan keamanan dan ketertiban di Kampung Waboyo dan mengajak untuk melakukan sweeping minuman keras lokal yang terbuat dari air pada bunga kelapa.[redaksi]