Diduga dari Konsleting Listrik, Ratusan Rumah dan Los Pasar di Agats Terbakar

0
50
Puing-puing ratusan rumah dan tempat usaha (pasar) yang terbakar di Distrik Agats, Kabupaten Asmat (17/9/19)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Kebakaran hebat melanda pasar dan perumahan di sekitarnya, di Agats, ibukota Kabupaten Asmat, Selasa (17/9/2019) sekitar pukul 02.30 Wit.

Kebakaran yang diduga berasal dari konsleting listrik dari salah satu rumah yang berdekatan dengan pasar, menghanguskan perumahan di sepanjang Jl. Yos Sudarso, pertigaan Jl. Muyu, pertigaan Jl. Ayam kecil dan pertigaan Jl. Dolog, Distrik Agats, Kabupaten Asmat.

Kabid Humas POlda Papua, Kombes Pol. AM Kamal melalui siaran persnya, Selasa (17/9/19) menceritakan, api bermula dari rumah yang ditinggali Muh. Supardi.

“Bedasarkan keterangan saksi atas nama Muh. Supardi, bahwa saat saksi bangun tidur melihat ada api yang sudah menyala di kabel listrik di dalam rumah dekat plafon dan kabel listrik tersebut tersambung ke Limit yang terpasang di Kios 7 Distrik,” ceritanya.

Saat Supardi melihat keluar, ternyata api sudah membakar di pojok dinding Kios 7 Distrik tempat dimana limit berada.

Selanjutnya saksi berteriak minta tolong dengan membangunkan tetangga rumah, karena api merambat dengan begitu cepat membakar dinding bangunan yang terbuat dari papan kayu dan tripleks, sehingga saksi dan tetangga tidak dapat memadamkan api.

Mendapat laporan dari masyarakat personil Polres Asmat langsung mendatangi TKP untuk bersama warga dan personil TNI membantu memadamkan api dengan alat seadanya, dan sekitar pukul 09.00 WIT api baru berhasil di padamkan.

Dalam kejadian tersebut, ada tiga korban luka, masing-masing Safura (42), perempuan,  yang mengalami luka bakar di telapak kaki kiri/kanan dan tangan kiri, Randi Arisman (20) Laki-laki, mengalami luka bakar di kaki kiri dan kanan serta tangan kiri dan bagian pipi kiri, dan Resky Arsafan (10) laki-laki, yang mengalmi luka bakar di kaki kiri dan kanan, tangan kiri dan punggung.

Kabid Humas mengatakan, ketiga korban telah mendapat perawatan di RSUD Agats dan dibolehkan pulang ke keluarganya.

“Untuk jumlah bangunan yang terbakar dan kerugian materiil masih dilakukan pendataan di TKP,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk memastikan penyebab kebakaran masih dilakukan penyelidikan oleh personil Sat Reskrim Polres Asmat.[yat]