Dinas Kesehatan Provinsi Papua Akan Jalin Kerjasama Dengan KPA Provinsi Papua Untuk Tanggulangi HIV AIDS dan Covid-19

Kepala Dinas KPA Provinsi Papua, Dr. Robby Kayame,SKM,M.Kes bersama Ketua KPA Provinsi Papua, Yanuel Matuan saat diwawancara, Kamis (22/4/21)
Kepala Dinas KPA Provinsi Papua, Dr. Robby Kayame,SKM,M.Kes bersama Ketua KPA Provinsi Papua, Yanuel Matuan saat diwawancara, Kamis (22/4/21)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dalam upaya penanggulangan HIV AIDS dan Pandemi Covid-19 di Papua, Dinas Kesehatan Provinsi Papua berencana menjalin kerjasama dengan KPA Provinsi Papua.

Hal itu terungkap dalam kunjungan kerja Kepala Dinas KPA Provinsi Papua, Dr. Robby Kayame,SKM,M.Kes ke Kantor KPA Provinsi Papua, yang disambut Ketua KPA Provinsi Papua, Yanuel Matuan beserta para Koorniator Devisi dan Staf, Kamis (22/4/21).

Robby Kayame mengungkapkan, bahwa salah satu dasar dijalinnya kerjasama tersebut, karena KPA Provinsi Papua juga mempunyai potensi dalam hal penyebaran informasi dan sosialisasi tentang pengendalian Covid-19.

“Mereka bisa koordinasikan semua melalui gereja-gereja, masyarakat adat maupun lintas sektoral yang lain,” ungkapnya saat ditemui PapuaSatu.com di Kantor KPA Provinsi Papua, Kamis (22/4/21).

Dikatakan, kerja sama tersebut juga sebagai antisipasi kemungkinan munculnya Covid – 19 gelombang kedua dan gelombang ketiga yang melanda dunia sejak Tahun 2019 lalu..

“Melalui peran KPA saya betharap bisa memberikan sosialisasi yang tepat dan pas kepada seluruh masyarakat Papua, untuk patuh pada protokol kesehatan, yaitu cuci tangan, jaga jarak dan pakai masker.

Menurut Robby Kayame yang pernah menjabat sebagai Ketua KPA di Kabupaten Paniai, KPA memiliki relawan yang hidup dekat dengan masyarakat, sehingga bisa menjadi kepanjangan tangan untuk menyebarkan informasi, guna mensosialisasikan tentang bagaimana mengendalikan HIV AIDS maupun Covid-19.

Dikatakan, penderita Covid -19 maupun HIV AIDS terus bertambah, sehingga dibutuhkan pengendalian dua penyakit menular tersebut dengan semaksimal mungkin.

“Karena kami lihat HIV yang cukup tinggi di Papua, sehingga sangat rawan kalau Covid-19 juga terus bertambah. Untuk itu kita antisipasi, guna melindungi masyarakat supaya tetap sehat,” terangnya.

Kepala Dinas KPA Provinsi Papua, Dr. Robby Kayame,SKM,M.Kes bersama Ketua KPA Provinsi Papua, Yanuel Matuan dan pengurus KPA Provinsi Papua saat berfoto bersama
Kepala Dinas KPA Provinsi Papua, Dr. Robby Kayame,SKM,M.Kes bersama Ketua KPA Provinsi Papua, Yanuel Matuan dan pengurus KPA Provinsi Papua saat berfoto bersama

Sementara itu, Ketua KPA Provinsi Papua, Yanuel Matuan kepada PapuaSatu.com mengungkapkan kesiapannya untuk bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Papua.

“Kami siap untuk bekerjasama, karena situasinya darurat di Papua ini,” ungkapnya.

Dikatakan, bahwa kendala yang dihadapi KPA Provinsi Papua di masa pandemi Covid-19 ini, dengan dana yang terbatas selama ini, masih harus dipotong untuk program penanggulangan Covid-19.

“Tapi kalau kita dibantu oleh Dinas Kesehatan Provinsi Papua, itu luar biasa bagi kami, sehingga bisa kerja lebih maksimal,” ungkapnya lagi.

Atas kunjungan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Robby Kayame ke Kantor KPA Provinsi Papua, Yan Matuan merasa menjadi hal yang sangat istimewa dan luar biasa, karena baru pertama seorang kepala dinas mengunjungi Kantor KPA Papua, sejak ia dilantik oleh Gubernur papua, Lukas Enembe pada akhir Tahun 2019 lalu.

“Puji Tuhan, ini sangat luar biasa, semenjak kita di KPA ini, sejak kami dilantik, tidak pernah ada kunjungan, terutama dinas terkait, yaitu Dinas Kesehatan Provinsi Papua,” tandasnya.

Apalagi, kata Pak Yan, panggilan akrabnya, dalam kunjungannya, Robby Kayame selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua juga berjanji akan memberikan bantuan dana untuk mendukung kinerja KPA Provinsi Papua kedepan.[yat]