Dinas Pariwisata Akan Menerapkan Car Free Day di Jalan Raya Depan Sule

29
Kepala Dinas Pariwisata, John Wiklif
Kepala Dinas Pariwisata, John Wiklif

SENTANI, PapuaSatu.com Sebagai pendukung dalam upaya mengembangkan area Pantai Khalkote sebagai tempat wisata, Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Pariwisata akan memberlakukan car free day di kawasan jalan Raya Abepura – Sentani, Kampung Harapan, tepatnya di depan Stadium Lukas Enembe (Sule).

Kepala Dinas Pariwisata, John Wiklif mengungkapkan, dengan pemberlakuan car free day, maka pengendara mobil dan motor dari arah Jayapura menuju Sentani diarahkan melewati jalan alternatif Telaga Ria – Dapur Papua, melewati kawasan Pantai Khalkote.

“Salah satunya kita rencanakan ada car free day memanfaatkan jalan alternatif,” ungkapnya kepada wartawan di Sentani, Kamis (8/9/22).

Ia pun berharap kepada masyarakat adat setempat dapat berpikir bagaimana jalan alternatif tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan ekonominya, dan tidak melakukan demo-demo lagi untuk menuntut ganti rugi.

“Jadi bukan demo tuntut ganti rugi, tapi berpikir supaya jalan alternatif mulai Dapur Papua sampai Telaga Ria ini ada pertumbuhan ekonomi di sana,” ujarnya.

Dengan lalu lintas yang ramai melewati jalan alternatif Telaga Ria-Dapur Papua, bisa dimunculkan pasar pagi di sekitar lahan yang saat ada iven digelar di Khalkote dimanfaatkan sebagai parkir.

“Ini adalah gerakan-gerakan yang kita buat, sebenarnya untuk menarik orang dan UMKM akan tumbuh di kawasan Khalkote,” lanjutnya.

Dengan demikian, los-los atau lapak-lapak UMKM di kawasan Khalkote juga bisa difanfaatkan secara terus menerus.[yat]