Diresmikan Menteri PAN RB, MPP Kota Jayapura Siap Beri 100 Jenis Pelayanan Ke Masyarakat

22
Menteri PANRB, H. Abdullah Azwar Anas, M.Si., saat menandatangani prasasti Mal Pelayanan Publik Kota Jayapura di Terminal Type A Entrop, Kotamadya Jayapura, Sabtu (19/5/23).
Menteri PANRB, H. Abdullah Azwar Anas, M.Si., saat menandatangani prasasti Mal Pelayanan Publik Kota Jayapura di Terminal Type A Entrop, Kotamadya Jayapura, Sabtu (19/5/23).

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Kotamadya Jayapura menjadi kota pertama di wilayah Papua yang memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP), yang berlokasi di Terminal Type A Entrop.

MPP yang merupakan sebuah inovasi dalam rangka  mendekatkan dan meningkatkan proses pelayanan yang cepat, murah, transparan resmi beroperasi setelah diresmikan Menteri Pendayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN RB ) Republik Indonesia, H. Abdullah Azwar Anas, M.Si., Sabtu (19/5/23).

Dalam sambutannya, Menteri PAN RB menekankan bahwa pembentukan MPP diharapkan bisa menjawab arahan Presiden RI Joko Widodo, bahwa birokrasi yang tidak ruwet, bukan tumpukan kertas, dan lincah, sehingga lebih berdampak pada masyarakat.

“Saya harap Mal Pelayanan Publik ini bisa direplikasi oleh daerah-daerah lainnya di Papua,” harap Azwar Anas dalam sambutannya.

Peresmian MPP sendiri dilakukan dengan penandatanganan prasasti dan penekanan sirine untuk membuka selubung papan nama, pengguntingan pita di pintu masuk dan peninjauan stand layanan yang ada di MPP Kota Jayapura.

MPP di Kotamadya Jayapura, kata Azwar Anas, merupakan MPP yang ke 120 yang telah resmi beroperasi di seluruh Indonesia.

Dan sebagai inovasi lanjutan, dengan berkolaborasi bersama kementerian lain sedang diupayakan untuk mengembangkan MPP digital, mengingat saat ini hampier seluruh masyarakat telah memiliki gadget.

Di kesempatan sama, Pj. Walikota Jayapura, Frans Pekey  mengungkapkan bahwa MPP Kota Jayapura memanfaatkan gedung Terminal Type A Entrp seluas 553,15 meter persegi, dengan status pinjam pakai yang berkolaborasi dengan Kemneterian Perhubungan RI selama lima tahun, dan bisa diperpanjang lagi.

Dikatakan, bahwa di dalam MPP Kota Jayapura terdapat 24 instansi, lembaga, BUMN dan BUMD, dengan dengan 100 jenis layanan terpadu, yaitu ada stand Dinas Kependudukan dan Catatan Siplil, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian ATR BPN, Kementerian Keuangan, Pajak, Polresta ,Kejaksaan Negeri, BBPOM, BPJS Ketenaga kerjaan, BPJS Kesehatan, Bank Papua, Samsat, PDAM, DM BTPST, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup,Bappeda dan Damri.

“Menjadi kebanggan bagi kami Pemerintah dan Masyarakat Kota Jayapura bahwa hari ini Menteri PANRB boleh meresmikan  Mal Pelayanan Publik yang ada di Kota jayapura,” ujar Pj Walikota.

Dengan adanya Mal Pelayanan Publik Frans Pekey berharap kualitas pelayanan publik di kota terus meningkat dan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.[yat]