Disdukcapil Jayapura Terus Gencarkan Kepemilikan KIA Untuk Seluruh Anak di Kabupaten Jayapura

40
Kadisdukcapil Kabupaten Jayapura, Herald Berhitu
Kadisdukcapil Kabupaten Jayapura, Herald Berhitu

SENTANI, PapuaSatu.com – Angka kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Jayapura meningkat signifikan.

Dan hingga November 2022, terdapat 1.600 anak yang telah memiliki KIA.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jayapura, Herald Berhitu mengungkapkan, salah satu strategi untuk meningkatkan kepemilika  KIA adalah dengan menggandeng seluruh sekolah di Kabupaten Jayapura.

“Kita gencarkan pelayanan karena saya targetkan pada 2023 nanti, dalam sebulan kita sudah harus mencetak 4.000 KIA,” ungkap Herald kepada wartawan di Sentani, Kamis (24/11/22).

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya sedang melakukan pemetaan terhadap sejumlah daerah yang belum tersentuh dengan pelayanan KIA ini sendiri.

“KIA ini menjadi hak anak, sehingga kita juga harus terus melakukan pelayanan kepada seluruh anak di setiap wilayah di Kabupaten Jayapura,” jelasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Jayapura, Sarah Nursidah mengatakan, sebelum akhir tahun 2022 kepemilikan KIA untuk setiap anak di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua harus mencapai 70 persen.

“Untuk saat ini kepemilikan KIA di Kabupaten Jayapura baru mencapai 12, 32 persen per 30 Juni 2022, sementara sesuai target pusat harus mencapai 40 persen, tetapi target itu kami naikan lagi menjadi 70 persen, semoga ini bisa terjawab dalam waktu tersisah minggu ini, menuju akhir tahun 2022,” kata Sarah.[yat]