DPC Partai Hanura Kabupaten Jayapura Gelar Fit dan Proper Test Kepada 5 Calon Ketua

SENTANI, PapuaSatu.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Kabupaten Jayapura menggelar Fit dan Proper Test Kepada Calon Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Jayapura Periode 2022-2027, Rabu (12/1/22) di Hotel Horex Sentani.

Plt Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Jayapura, Kamasan Jack Komboy kepada wartawan menjelaskan proses pendaftaran hingga fit dan proper test sejak bulan Dessmber 2021.

“Pendaftaran kandidat calon ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Jayapura sudah dilaksanakan sejak bulan Desember 2021 di Hotel Tahara Sentani, sekarang kami masuk dalam tahapan Fit dan Proper Test. Kami membuka pendaftaran secara umum dan mempersilahkan siapa saja yang mempunyai keinginan dan berkompetensi untuk menjadi pemimpin di partai ini di Kabupaten Jayapura,” jelasnya.

Dari proses tersebut, Jack sampaikan ada 5 orang kandidat yang akan bersaing pada fit dan proper test. “Ada 5 orang kandidat yang mengikuti fit dan proper test. Fit dan proper test sendiri dilakukan agar kita tahu bagaimana kesiapan-kesiapan dari para calon untuk memimpin partai ini, langkah-langkah apa yang harus diambil agar partai Hanura dapat meraih kemenangan,” ujar Jack.

Lima kandidat calon ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Jayapura yaitu Soanus Karoba, SH., Herman Oyaitouw, Yohanes Alexander Hikoyabi, S.Si.,M.Si., Daniel Oktovianus Yoku dan Noack Yoel Demotekay.

Para kandidat akan diberikan pertanyaan selama 4 menit oleh 4 orang penanya yang juga memiliki jabatan penting di Partai Hanura dan para kandidat harus menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam waktu 10 hingga 15 menit.

Salah satu kriteria yang disebutkan untuk menjadi calon Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Jayapura adalah seseorang yang memiliki komitmen agar partai Hanura bisa menang pada pemilu 2024.

“Selain komitmen, kami juga butuh orang yang bisa dekat dengan masyarakat dan juga punya strategi untuk bisa meraih suara di kabupaten Jayapura,” katanya.

Dikesempatan yang sama, Sekretaris DPD Partai Hanura Provinsi Papua, Jimmy Hegemur, S.Sos menyampaikan fit dan proper test ini juga merupakan sebagian dari tahapan dan proses untuk calon ketua.

“Ini uji melayakan dari panitia kepada calon ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Jayapura untuk mengetahui kemampuan calon-calon yang sudah mendaftar dan itupun akan terwujud dalam proses Musyawarah Cabang (muscab),” katanya.

Terkait agenda Muscab, tersisa 2 DPC Partai Hanura yang belum melaksanakannya yaitu DPC Partai Hanura Kabupaten Jayapura dan DPC Partai Hanura Kabupaten Sarmi. Sehingga Jimmy berharap proses fit dan proper test dapat berjalan lancar.

“Tujuan kami muscab agar proses verifikasi dapat berjalan lancar. Maka hari ini kami lakukan fit dan proper tes, muscabnya rencananya akan dilakukan pada hari Jumat (14/1/22) besok,” terang Jimmy.

Sementara itu, salah satu kandidat calon ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Jayapura, Daniel Oktovianus Yoku mengatakan berbagai hal sudah ia persiapakan dalam menghadapi proses-proses pemilihan serta fit dan proper test ini.

“Persiapan-persiapan yang saya lakukan adalah saya menyiapkan Pimpinan Anak Cabang (PAC) karena PAC adalah pemegang mandat suara pada pemilihan nanti. Maka sebagai calon, saya sudah mengamankan beberapa PAC agar bisa berjalan bersama-sama saat pemilihan nanti,” tuturnya.

Daniel juga ucapkan, bila ia terpilih sebagai ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Jayapura, ia akan membesarkan partai Hanura melalui tahapan awal yaitu verifikasi. “Saya akan mengumpulkan 1.000 Kartu Tanda Anggota (KTA) dalam kurun waktu 100 hari setelah terpilih nanti,” pungkasnya. [ayu]