DPD Partai Hanura Provinsi Papua Akan Gelar Rakorda dan Bimtek Untuk Verifikasi Parpol Pemilu 2024

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Hanura Provinsi Papua akan menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) dan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada seluruh Ketua DPC Partai Hanura se-Papua guna menyukseskan verifikasi Partai Politik Peserta Pemilu 2024 mendatang.

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 3 hari yakni mulai tanggal 26 hingga 28 Mei di salah satu Hotel di Kota Jayapura.

Selain dihadiri oleh Ketua DPC Partai Hanura se-Papua, kegiatan tersebut juga akan dihadiri oleh anggota-anggota DPR baik itu Provinsi maupun Kota dan Kabupaten Kader Partai. Tak hanya itu, Wakil Ketua Umum DPP Partai Hanura, Ali Kastela dan Korda DPP Partai Hanura Yulianus Dwaa juga akan turut hadir.

“Kami mengundang semua ketua-ketua DPC Partai Hanura se-Papua untuk hadir, karena mereka akan dilantik pada acara tersebut, sekaligus akan dilakukan sosialisasi oleh pihak KPU, Bawaslu dan Kesbangpol terkait verifikasi partai peserta Pemilu 2024,” beber Ketua Tim Verifikasi DPD Partai Hanura Provinsi Papua, Kamasan Jack Komboy, S.AP., yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Rakorda dan Bimtek Partai Hanura Provinsi Papua, Rabu (25/5/22) malam.

Jack juga mengajak seluruh pemerhati Partai Hanura Provinsi Papua untuk turut hadir pada kegiatan Rakorda dan Bimtek tersebut.

Adapun pemateri yang dihadirkan dengan harapan mampu memberikan pemahaman kepada Ketua-Ketua DPC Partai Hanura agar dapat memahami pentingnya verifikasi Partai. “Jadi mulai besok diawali dengan pertemuan oleh DPP, DPD dan seluruh anggota DPR baik Provinsi maupun Kabupaten Kota, jadi akan ada penjelasan terkait Pemilu 2024 mendatang,” jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Bidang Output dan Input Pengolahan Data Tim Verifikasi DPD Partai Hanura Provinsi Papua, Abdul Azis Kilkoda, S.Sos., mengatakan inti dari kegiatan Rakorda dan Bimtek tersebut adalah bagaimana menyambut verifikasi Partai Politik peserta Pemilu 2024.

“Karena tahapan itu akan jalan mulai pada 1-7 Agustus 2022 mendatang, untuk itu penguatan struktur sampai tingkat kepengurusan sampai tingkat dibawah itu dibicarakan saat Rakorda,” katanya.

Untuk persiapan verifikasi Partai Hanura Provinsi Papua, Abdul Aziz beberkan selain menunggu PKPU tahun 2022 terkait dengan tahapan verifikasi sampai dengan penetapan, hanya akan dilaksanakan selama kurang dari 6 bulan yakni mulai Agustus hingga Desember.

“Tahun sebelumnya (pemilu sebelumnya), tahapan ini dilakukan selama setahun. namun karena tahun itu juga nanti terdapat Pilkada maka tahapan dipersempit menjadi enam bulan,” jelas Abdul.

Ia mengaku, kesiapan Partai Hanura Provinsi Papua sudah 99 persen untuk verifikasi. Dari 29 Kabupaten/Kota sisa satu pengurus tingkat distrik (PAC) saja yang belum dilantik.

“Satu pengurus itu dari Kabupaten Nduga Distrik Mapenduma yang belum bisa dijangkau. Berdasarkan laporan dari DPC masih belum bisa dijangkau. Namun prinsipnya Partai Hanura Provinsi Papua siap diverifikasi dan kami yakin Partai Hanura lolos dalam verifikasi menjadi peserta Pemilu 2024,” pungkasnya. [ayu]