Dua Tenaga Medis Terpapar Covid 19, Satu Dinyatakan Sembuh

250
Ilustrasi pasien yang sedang menjalani perawatan di ruang isolasi
Ilustrasi pasien yang sedang menjalani perawatan di ruang isolasi

SENTANI, PapuaSatu.com – Direktur rumah sakit umum daerah Yowari, DR. dr. Petronela M. Risamasu,M.Kes,Trop mengatakan, dua orang petugas kesehatan di Kabupaten Jayapura  diketahui terpapar virus Covid-19. Namun satu diantaranya sudah dinyatakan sembuh dan kembali beraktivitas.

“Satunya masih dirawat, sedangkan satunya sudah sembuh dan dan sudah pulang,” kata Petronela Risamasu kepada wartawan di RSUD Yowari, Rabu (6/5).

Dia mengatakan, dua orang petugas kesehatan yang terpapar Covid 19 itu dipastikan akibat adanya kontak erat dengan para pasien Covid 19 yang dirawat di fasilitas kesehatan tersebut. Menurutnya,  selama menangani pasien covid 19, para petugas kesehatan sudah mengikuti dan menerapkan protokol kesehatan terkait penanganan terhadap pasien covid 19.

“Mungkin terjadi kesalahan  saat mengganti APD setelah melayani pasien, saat itulah mereka terpapar,” katanya.

Dikatakan, dua orang pasien tersebut berasal dari  RSUD Yowari dan satu orang lainnya berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura.

Menurutnya, para petugas medis memang sangat rentan terpapar Covid-19. Hal ini bukan saja karena persoalan ketersediaan APD saja tetapi yang paling penting adalah bagaimana petugas medis mengetahui cara pemakaian atau penggunaan APD tersebut.

“Termasuk yang paling penting adalah  kejujuran pasien, terkait statusnya apakah yang bersangkutan pernah melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid 19,” ungkapnya.

Lanjut dia kejujuran dari seorang pasien sangat penting karena menghadapi pandemi covid 19 ini, semua orang termasuk petugas medis menghadapi persoalan yang sangat berat dalam kondisi tidak siap untuk menangani pandemi global ini.

Saat ini delapan orang pasien Covid-19 sedang menjalani perawatan intensif di ruang isolasi RSUD Yowari.

Sementara 10 orang lainnya masih melakukan karantina terpusat di hotel Sabang Land Sentani Kabupaten Jayapura.

Dengan demikian total pasien positif covid 19 di Kabupaten Jayapura yang sementara ini dirawat tim medis ada 18 pasien.[yat]