Empat Pelaku Curas Berhasil Dibekuk Polisi, Tiga Dalam DPO

0
109
Empat pelaku Curas di sejumlah tempat di Kabupaten Jayapura yang berhasil dibekuk polisi
Empat pelaku Curas di sejumlah tempat di Kabupaten Jayapura yang berhasil dibekuk Polisi

SENTANI, PapuaSatu.com – Dalam sepekan terakhir, aparat Polres Jayapura berhasil empat tersangka kasus pencurian dengan kekerasan.

Empat tersangka yang yang berhasil ditangkap, diduga kuat sebagai pelaku pencurian dengan kekerasan di tiga tempat berbeda, yaitu di Genyem (Distrik Nimboran), di Pos 7 (Distrik Sentani) dan di Doyo Baru (Distrik Waibu).

Untuk di Genyem, dengan tersangka tiga orang, Polisi telah menangkap dua orang, masing-masing berinisial EP dan AW. Sedangkan satu tersangka dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Ketiga tersangka dilaporkan merampas uang tunai Rp 50 juta beserta laptop dan handphone milik seorang pengusaha asal Sentani yang sedang istirahat di satu tempat yang memang menjadi tempat masyarakat nongkrong di Genyem.

Saat itu, tiba-tiba didatangi tiga orang pemuda yang membawa parang dan dirampas tas milik korban yang berisi uang dan barang berharga lainnya.

Kapolres Jayapura, AKBP Victor D. Macbon mengungkapkan, dari tangan tersangka pihaknya berhasil mengaankan Rp 16 juta.

“Sisanya sudah dipakai oleh tersangka untul kebutuhannya, dan ada yang masih dibawa oleh tersangka SK yang masih dalam DPO,” ungkapnya kepada awak media di halaman Mapolres Jayapura, Rabu (9/9/20).

Sedangkan kasus kedua yang terjadi di Pos 7, Distrik Sentani, tersangka memanjat pagar dan masuk ke dalam rumah korban pada malam hari.

Saat tersangka menjalankan aksinya, salah satu penghuni rumah terbangun dan mendengar keberadaan tersangka.

Selanjutnya, tiga penghuni rumah berupaya mengusir tersangka.

Tersangka yang bersenjatakan pisau dapur pun mengamuk dan beberapa kali melukai penghuni rumah, akibatnya ketiga penghuni rumah luka-luka.

Tersangka pun kemudian kabur tanpa membawa barang yang ada di rumah korban.

“Puji Tuhan, para korban, walaupun mengalami luka tusuk namun bisa tertolong dan kini sehat-sehat,” pungkasnya.

Sementara kasus ketiga adalah penganiayaan yang dilakukan pelaku berinisial RW di BTN Kolam, Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu.

“Awalnya korban datang menanyakan tentang motornya yang hilang, tetapi tidak diterima oleh para pelaku yang pada saat itu sedang komsumsi miras. Akhirnya timbul cekcok dan adu mulut yang berakibat korban dianiaya para pelaku,” ungkap Kapolres.

Dalam kasus tersebut dua pelaku masih dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Jayapura.

Kapolres Jayapura, AKBP Victor D. Macbon dengan tegas menyatakan akan melakukan pengejaran kepada semua tersangka yang masuk dalam DPO tersebut.

“Sehingga diharapkan kepada tersangka yang masih DPO untuk segera menyerahkan diri, karena tentunya kita akan terus mencari dan kalau perlu kita lakukan tindakan tegas,” tegas Kapolres.[yat]