FDS Resmi Berakhir Dengan Sukses, Panitia : FDS Dihadiri Sekitar Lima Ribu Pangunjung

42
Ted Y. Mokay

SENTANI, PapuaSatu.com  – Pergelaran Festival Danau Sentani (FDS) Ke-XIII Tahun 2023 telah sukses digelar selama tiga hari di kawasan Pantai Khalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Ketua.

Ted J. Mokay, Panitia Pelaksanaan FDS menyatakan bahwa pengunjung hari terakhir FDS mencapai lima ribu orang.

“Ini sangat banyak sekitar 5000 pengunjung, mungkin karena libur. Tidak hanya dari kabupaten Jayapura tetapi juga  Kota Jayapura dan juga pengunjung dari daerah lain,” ungkapnya usai acara penutupan FDS, Jumat 07/07/2023 Sore di Lokasi FDS.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura ini mengatakan, selama tiga hari digelar, perputaran uang  diperkirakan mencapai tiga sampai lima miliar rupiah.

Hal itu belum termasuk transaksi pengunjunga yang menginap di Hotel, sewa angkutan atau kendaraan, dan transaksi-transaksi lain di luar arena FDS yang dilakukan wisatawan atau pengunjung.

”Kami tidak mencatatnya satu-persatu karena merupakan tugas Litbang, tetapi pengalaman pada FDS sebelumnya sekitar Rp 3 miliar perputaran uang untuk UMKM,” terangnya.

Tidak hanya wisatawan lokal, wisatawan asing juga tampak datang berkunjung ke arena FDS.

Ted Mokay pun menenakkan agar FDS bisa masuk dalam event karisma nusantara, yang salah satu syaratnya waktu pelaksanaanya tidak boleh berubah-ubah.

“Karena kalau sudah masuk dalam kalender pariwisata nusantara tanggal tidak boleh berubah, sekali saja berubah dicoret keluar,” ucapnya.

Dikatakan, bahwa Menteri pariwisata sudah berjanji akan kolaborasikan,  agar tahun depan FDS  bisa masuk dalam Karisma Iven Nusantara.[yat]