Fix! Paling Lambat Hari Selasa Anggaran PON XX Rp 831 Miliar Akan Cair

25

JAKARTA, PapuaSatu.com – Anggaran untuk perhelatan PON XX Papua sebesar Rp 831.869.575.000,- akan cair paling lambat hari selasa nanti. Anggaran tersebut merupakan tahap pertama dari APBN yang akan dikucurkan pemerintah pusat untuk membantu pelaksanaan perhelatan PON XX Papua sebesar Rp 1,4 Triliun.

Hal tersebut diutarakan saat Pansus PON XX & PPN XVI bertemu Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Drs. Gatot Sulistiantoro Dewa Broto, M.B.A serta Direktur Anggaran Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Dr. Purwanto, S.E, M.Sc secara virtual.

Ketua Pansus PON XX & PPN XVI, Kamasan Jack Komboy mengatakan, pertemuan tersebut dilakukan karena tim Pansus meminta kejelasan terkait anggaran Rp 1,4 Triliun mengingat perhelatan PON XX Papua beberapa diantaranya sudah berjalan.

“Di pertemuan tadi sudah jelas dan disampaikan oleh Pak Purwanto dari Kemenkeu bahwa urusan Kemenkeu sudah selesai untuk proses pencairan anggaran Rp 831 Miliar tahap pertama,” katanya, Jum’at (24/9/21) sore.

Dibeberkan, proses pencairan tersebut sudah selesai di Kemenkeu maupun Kemenpora, tinggal menunggu proses transfer melalui Kantor Pelayanan Pembendarahaan Negara (KPPN) pada hari Senin.

“Tadi Kemenpora melalui Sesmenpora menyampaikan bahwa paling lambat hari selasa sudah proses pencairan. Tinggal berkasnya masuk hari senin dipastikan oleh Sesmenpora hari selasa proses pencairan berjalan,” beber Jack.

Mantan pemain Persipura ini mengungkapkan, untuk pencairan anggaran tahap kedua masih ada 2 bidang yang belum melengkapi data pendukung dan kontrak. “Dari 8 bidang, sisa 2 bidang yang belum lengkap datanya yaitu bidang kesehatan dan sarana prasarana,” ungkapnya.

Ia berharap, dalam waktu dekat PB PON dapat menyiapkan kelengkapan dokumen dari 2 bidang tersebut agar anggaran tahap kedua segera cair. “Kami berharap PB PON segera menyiapkan kelengkapan dokumen itu dalam waktu dekat agar melengkapi segala persyaratan itu supaya tahap kedua segera cair,” tukas Jack. [ayu]