Forum Sopan Juga Tuan Rumah Untuk Sambut Duta-Duta KMAN IV

41

SENTANI, PapuaSatu.com – Di sela-sela Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Forum Solidaritas Paguyuban Nusantara (SOPAN) yang berlangsung di Grand Tahara Hotel, Sabtu (15/10), Bupati Jayapura, Mathius Awotuaw, SE,.M,Si yang juga Ketua Umum Panitia Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI berkesempatan memberikan materi tentang kongres.

Dalam kesempatan tersebut, Mathius Awoitauw menyampaikan bahwa paguyuban yang bernaung dibawah Forum SOPAN di Kabupaten Jayapura juga merupakan tuan rumah dalam menyambut duta-duta adat yang akan datang dari seluruh penjuru nusantara.

Dikatakan, segenap pengurus dan anggota Forum SOPAN hendaknya bisa langsung menjemput dan menyambut duta-duta adat nusantara dari setiap daerah masing-masing, sekaligus memandu peserta yang ingin mengetahui lebih jauh tentang adat Tabi secara khususnya potensi wisata alam dan budaya Tabi.

“Kita ini sebenarnya anak-anak adat semua, hanya istilah saja yang kita sebut paguyuban, jadi dengan demikian negara sudah memberikan apresiasi termasuk beberapa karya-karya kita di kabupaten jayapura yang akan diserahkan langsung oleh bapak presiden pada HUT Kebangkitan Adat ke-9 Kabupaten Jayapura sekaligus pembukaan kongres aliansi masyarakat adat nusantara ke VI di tanah Tabi tanggal 24 Oktober mendatang,” ujarnya.

Mathius Awoitauw juga menekankan kepada semua komponen masyarakat di Kabupaten Jayapura untuk terus membangun kebersamaan dan kekeluargaan, sehingga tercipta kehidupan masyarakat yang aman, damai dan harmonis.

“Spirit ini juga akan kita wujudkan dalam pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI nanti tanggal 24-30 Oktober,” ujarnya.[yat]