Garda Papua Klaim Jokowi-Ma’aruf Menang 82,78 Persen

0
330
Caption : Kepala Biro Humas, Sosialiasi dan Media IT, Cahyo Agus Rianto, SH saat memberikan keterangan pers bersama pengurus Garda Indonesia Provinsi Papua, Jum’at (19/4/2019).
Caption : Kepala Biro Humas, Sosialiasi dan Media IT, Cahyo Agus Rianto, SH saat memberikan keterangan pers bersama pengurus Garda Indonesia Provinsi Papua, Jum’at (19/4/2019).

JAYAPURA, PapuaSatu.com – DPD GARDA Indonesia Provinsi Papua mengklaim kemenangan pasangan Capres dan Cawapres Jokowi-Ma’aruf di Provinsi Papua mentang mutlak dengan presdentasni 82,78 persen

“Sesuai dengan hasil kami mengklaim kemenangan Jokowi-Ma’aruf di Papua sebesar 82,78%,” tegas Kepala Biro Humas, Sosialiasi dan Media IT, Cahyo Agus Rianto, SH dalam jumpa pers di Serkretariat GARDA Indonesia Provinsi Papua, Jum’at (19/4/2019).

Cahyo memaparkan hasil yang diklaim oleh GARDA ini dari sample of vote yaitu, 10% dari DPT dari 3.500.000 DPT dan sample of station yaitu 10% dari jumlah TPS di Kabupaten/Kota di Papua yakni sekitar 14.000 TPS.

“Tentu seperti yang telah kita ketahui, ada banyak kendala-kendala yang kami temui di beberapa daerah di Papua , maka data yang kami terima baru 98,14% sedangkan 1,86% data belum masuk ke sistem kami,” paparnya.

Kendala-kendala yang dimaksud salah satunya adalah jaringan internet dan letak geografis. Namun Cahyo mengaku GARDA Papua telah mendapatkan sinyal kejelasan bahwa didaerah pedalaman seperti pengunungan tetap bungkus suara untuk pasangan Jokowi-Ma’aruf.

“Terutama 12 Kabupaten yang menggunakan sistem noken. Sekarang ini kami masih menunggu data yang sisa, namun kami yakin tidak ada perubahan yang cukup signifikan karena presentase suara yang kami belum masuk dalam sistem kami hanya sedikit, jadi kami dapat mengklaim kemenangan Jokowi-Ma’aruf di Papua,”katanya.

“Ini memang bukan hasil resmi atau real count, ini hasil quick count yang sewaktu-waktu dapat berubah, jadi kami akan terus mengawal suara Jokowi-Ma’aruf sampai selesai,”tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris GARDA Indonesia Provinsi Papua, Edwin Gusti Rafra, SH, M.Si memberikan apresiasi terhadap Gubernur Provinsi Papua yakni Lukas Enembe S.Ip MH atas hasil yang telah dicapai dalam perhitungan suara pilpres 2019 di Papua.

“Terima kasih karena pak Lukas Enembe telah menepati janji yaitu Papua bungkus suara untuk Jokowi,”tuturnya.

Dalam kesempatan ini, pihaknya juga memberikan selamat atas kemenangan Jokowi-Ma’aruf di Provinsi Papua. “Kami DPD GARDA Indonesia Provinsi Papua memberikan ucapan selamat kepada Pak Jokowi dan Pak Ma’aruf atas kemenangannya sebesar 82,78% di Provinsi Papua dan Indonesia,”tutupnya. [ayu]