Gelar Operasi Lilin Cartenz 2022, Polisi Imbau Waspada Covid Sub Varian Baru Yang Lebih Cepat Menular

38

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dalam rangka mempersiapkan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023, Kepolisian Daerah Papua menggelar Apel Pasukan Operasi Lilin Cartenz 2022.

Dalam kegiatan ini yang bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K., yang bertempat di Lapangan Mako Brimob Polda Papua, Kamis (22/12).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabinda Papua Mayjen TNI Gustav Agus Irianto, S.IP, Wakapolda Papua Brigjen Pol Ramdani Hidayat, S.H, PJU Polda Papua, Kepala BNN Papua Brigjen Pol Drs. Rahmat Hidayat, Wadanlantamal X Jayapura Kolonel Laut (P) Nanang Haryono, Waasops Kasdam XVII/Cenderawasih Letkol Inf. Arif Budi Situmeang dan Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Provinsi Papua Bapak Sunarto.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, M.Si. dalam amanatnya yang dibacakan Kapolda Papua menyampaikan, Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana.

“Dengan demikian, diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif,” ujarnya.

Lanjut, momentum Nataru selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat. Hal tersebut sebagaimana hasil survei dari kemenhub, bahwa diperkirakan akan ada 44,17 juta orang melakukan pergerakan pada Nataru tahun ini.

“Operasi Lilin 2022, khusus di Provinsi Papua sendiri mempunyai total 2.470 Personel Kepolisian di seluruh Papua yakni 350 Personel Polda dan 2.120 Personel Polres Jajaran,” ucapnya.

Ia menyampaikan, pada pengamanan Nataru, terdapat berbagai potensi gangguan yang harus diwaspadai. Pada sisi kesehatan, harus tetap waspada terhadap potensi terjadinya lonjakan covid-19, terlebih saat ini telah muncul subvarian baru omicron BN.1 yang lebih cepat menular.

Melihat hal tersebut, Kapolda Papua meminta untuk lakukan penguatan prokes terutama pada lokasi-lokasi dengan tingkat interaksi tinggi, imbau masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi booster guna meningkatkan imunitas dan optimalkan penggunaan aplikasi peduli lindungi.

“Pada sisi keamanan, terdapat beberapa potensi gangguan yang juga perlu diwaspadai, seperti kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas jalan dan penyeberangan antar pulau, serta kepadatan pada bandara, terminal dan pelabuhan,” tuturnya.

Kemudian khusus pengamanan ibadah natal, pastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi melibatkan TNI, BNPT, Jibom Brimob, k-9 dan Densus 88/ AT.

Tidak hanya itu, ia juga melibatkan elemen masyarakat termasuk ormas keagamaan dalam pengamanan ibadah natal sebagai wujud toleransi beragama.

“Perlu saya garis bawahi, keberhasilan pengamanan operasi lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat kita selesaikan. Oleh sebab itu, kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan    tugas,” ungakapnya.

Diakhir amanat Kapolda Papua mengucapkan selamat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 Semoga cahaya dan cinta kasih tuhan senantiasa memenuhi setiap relung hati kita, sehingga dapat membawa kebaikan serta optimisme di tahun baru, demi mewujudkan Indonesia emas 2045 yang kita cita-citakan bersama.

“Selamat bertugas dan Semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan petunjuk, serta perlindungan kepada kita dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara,” pungkasnya.[redaksi]