Gubernur Papua Jalani Pengobatan di Singapura, Juru Bicara Ungkap Untuk Pengobatan Lanjutan

Muhammad Rifai Darus

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Juru Bicara Gubernur Papua, Muhammad Rifai Darus menyatakan bahwa Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP,MH akan menjalani perawatan ke Singapura untuk mendapat kesembuhan atas penyakit yang diderita selama beberapa bulan terakhir.

“Gubernur Papua, Bapak Lukas Enember,SIP, MH meminta dukungan moril melalui doa dari seluruh masyarakat Papua,” ungkapnya kepada awak media di Kota Jayapura, Senin (10/5/2).

Dikatakan, bahwa untuk menjalani perawatan tersebut, Lukas Enember telah mendapat ijin dari Presiden RI melalui Mendagri, dan telah bertolak ke Singapura pada Minggu (9/5/21) pukul 19.15 WIB.

Rifai Darus menolak mengungkapkan tentang riwayat penyakit yang diderita Lukas Enembe sehingga harus berobat ke Singapura, dengan alasan bahwa yang bisa mengungkapkan hanya dokter yang merawatnya.

Rifai Darus juga mengungkapkan bahwa meski berobat ke Singapura, namun tidak terjadi penurunan atas kondisi kesehatan Gubernur Papua.

Pengobatan ke Singapura, diharapkan Lukas Enembe bisa kembali memimpin pembangunan di Papua dengan kondisi yang baik dan prima.

Dan selama Gubernur Papua menjalani pengobatan, penyelenggaraan Pemerintahan Provinsi Papua dilaksanakan oleh Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal,SE,MM, sesuai amanat Pasal 66 Ayat (1) huruf c UU No. 9 Tahun 2015 tentang pemerintahan daerah.

“Tentunya dalam penyelenggaraan pemerintahan tersebut tetap melalui koordinas bersama Gubernur Papua,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rifai Darus juga mengungkapkan bahwa Gubernur Papua beserta keluarga mengucapkan mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh umat Islam di Tanah Papua yang akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

“Kiranya kasih mampu menembus batas dan jarak yang ada, sehingga tanah yang kita cintai ini selalu menjadi ladang damai bagi sesama umat manusia,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, gubernur Papua juga meminta kepada semua pihak agar bersama-sama menahan diri dan tidak mudah teerprofokasi oleh pemberitaan yang dapat memecah belah persatuan diantara kita.

“Melalui momentum yang suci ini, Gubernur Papua berharap agar kita semua dapat menjadi terang bagi satu sama lain untuk menyinari Tanah Papua demi masa depan yang lebih baik dan damai,” lanjutnya.

Gubernur Papua juga mengharapkan agar seluruh masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

“mari kita cegah bersama dan senantiasa menjaga diri sendiri serta keluarga dari penularan Covid-19 yang masih menjadi pandemi di dunia hingga saat ini,” ajaknya.

Gubernur juga tidak lupa mengajak Masyarakat di seluruh Tanah Papua untuk mendukung suksesnya PON XX mendatang di Papua.

“Pastikan bahwa kita mampu menjadi tuan rumah y ang siap dari segala aspek dan yakinlah bahwa torang bisa,” tegasnya.[yat]