Gubernur : Papua Siap Jadi Tuan Rumah PON, Pangdam : TNI/Polri Siap Jaga Keamanan

Chef de Mission Meeting II di Hotel Sunny Garden di Kabupaten Jayapura, Rabu (7/4)
Chef de Mission Meeting II di Hotel Sunny Garden di Kabupaten Jayapura, Rabu (7/4)

SENTANI, PapuaSatu.com – Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe menyampaikan bahwa Papua siap menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 pada bulan Oktober mendatang saat pembukaan Chef de Mission Meeting II di Hotel Sunny Garden di Kabupaten Jayapura, Rabu (7/4) malam.

“Papua siap jadi tuan rumah. Papua aman bagi semua orang, tidak ada persoalan dan kami siap menerima delegasi dari seluruh Indonesia,” ucapnya kepada awak media usai kegiatan.

Ia berharap semuanya dapat berjalan dengan lancar dan rapi sesuai dengan perencanaan. “Saya berharap semua dapat berjalan lancar maka pertemuan ini dilaksanakan untuk mengkonfirmasi kesiapan keikutsertaan kontingen PON dari seluruh Indonesia,” harap orang nomor satu di Papua.

Sementara itu, Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono mengungkapkan mengenai keamanan di Papua tak perlu dikhawatirkan. “Saya sudah sampaikan untuk tidak perlu khawatir. Kami TNI/Polri siap amankan situasi baik itu atlit, official, masyarakat yang hadir, kami dari TNI baik itu angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara serta Polri siap amankan keamanan,” ujarnya.

Ia pun beberkan jumlah personil yang akan lakukan pengamanan pada saat PON sekitar 4.000 personil. “Kami dari kodam sudah siapkan sekitar 4.000 personil belum lagi ditambahkan dari lanud dan lantamal, mungkin totalnya bisa 5.000 personil. Tapi kami belum rapatkan lagi, apabila ada kekurangan kami akan tambah lagi. Rencana dirapatkan dengan PB PON tanggal 15 April nanti,” beber Pangdam.

Sedangkan untuk barak personil yang akan melakukan pengamanan, Pangdam akui akan merenovasi barak dan perumahan di asrama kodam pada akhir bulan April. “Akhir bulan April mulai di renovasi dengan standar hotel bintang 3 agar bisa menampung 4.000 orang. Tidak hanya di Jayapura tapi di Merauke dan Timika juga. Asrama di Batalyon 751, Makodam, Densipur X, Korem 174/Merauke, Kompi 757/Timika,” tutupnya.[ayu]