Hadirkan Erwin Gutawa, Kapolda Ingin Bangkitkan Musisi Papua Ke Dunia Musik Tanah Air

Erwin Gutawa bersama Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri dan para musisi asli Papua saat berfoto bersama.
Erwin Gutawa bersama Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri dan para musisi asli Papua saat berfoto bersama.

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, mendatangkan legendaris bidang musik di tanah air, yaitu Erwin Gutawa ke Jayapura, Selasa (31/5/22).

Kehadiran Erwin Gutawa tersebut untuk sharing sesion, yakni membagikan ilmu seputar seni musik kepada ratusan musisi Papua di Ballroom Hotel Suni Abepura.

Antusiasme para musisi untuk menggali seputar musik, mulai dari produksi, penentuan genre hingga bagaimana menarik hati pencinta dan pendengar musik cukup tinggi.

Bahkan waktu tiga jam tampak seperti kurang, dengan pertanyaan yang cukup mendasar dan mendalam diungkapkan dari hati ke hati.

Pada kesempatan press conference, Kapolda Papua mengungkapkan, bahwa Erwin Gutawa sebagain seorang maestro yang dikenal di semua kalangan dan dapat dikatakan sebagai seorang legend.

Erwin Gutawa saat sharing sesion di Hotel Suni and Convention Abepura, Selasa (31/5/22) sore.
Erwin Gutawa saat sharing sesion di Hotel Suni and Convention Abepura, Selasa (31/5/22) sore.

“Kalau mau musisi kita terkenal, kita harus menggunakan orang-orang yang sudah terkenal,” ujar Kapolda Mathius Fakhiri.

Melalui Erwin Gutawa yang merupakan seorang musikus, komponis, penulis lagu dan produser rekaman Indonesia, diharapkan bisa mengeksplor talenta-talenta yang ada.

“Dan saya tidak pernah khawatir, sudah dibuktikan oleh senior-senior kita,” tandas Kapolda.

Menurut Kapolda Mathius Fakhiri, di Papua banyak talenta di bidang musik dan budaya, namun sangat diperlukan pengungkit agar dapat lebih dikenal an diterima di blantika musik nasional bahkan internasional.

“Cuma perlu daya ungkit, inilah kesempatan melalui Mas Erwin Gutawa, karena beliau ini maestro yang mempunyai nama di Indonesia. Saya haqul yakin, insya Alloh,” pungkas Kapolda.

Di kesempatan sama, Erwin Gutawa mengungkapkan, bahwa sudah ia tertarik dengan seni musik Papua.

Penampilan para musisi Papua yang disaksikan Erwin Gutawa usai sharing sesion.
Penampilan para musisi Papua yang disaksikan Erwin Gutawa usai sharing sesion.

Hal itu terbukti dengan karyanya bersama musisi asal Papua, Edo Kondologit yang cukup dikenal luas, yaitu lagu berjudul Pangkur Sagu.

“Pada saat membuat lagu itu saya cuma ngebayangin Papua itu seperti apa dari buku-buku,” ungkap pendiri orkestra yang diberi label Erwin Gutawa Orkestra tersebut.

Dikatakan, bahwa ia juga pernah mengaransemen lagu rei mambo simbo yang juga cukup hits dan sangat dikenal penggemar musik di Papua.

Keinginannya untuk mengetahui secara langsung tentang Papua pun terwujud yang diinisiasi oleh Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius Fakhiri,SIK.

Dan setelah melakukan sharing sesion, Erwin Gutawa berencana menggelar iven akbar musik orkestra, yang mengkolaborasikan antara para musisi dibawah payung Erwin Gutawa Orkestra dengan para musisi asli Papua, yang diagendakan digelar Agustus 2022 nanti.[yat]