Hanguskan 158 Rumah, Ini Penuturan Saksi Pertama Yang Mengetahui Awal Mula Kebakaran di Dok IX

Posko kebakaran di Dok X, Kota Jayapura

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dari data yang dikeluarkan Polda Papua, peristiwa kebakaran hebat di pemukiman padat pesisir Dok IX, Distrik Jatapura Utara, Kotamadya Jayapura, telah menghanguskan 158 unit rumah warga.

Kebakaran diketahui oleh salah satu saksi bernama Muhammad Salek sekitar pukul 18.10 WIT, yang mendengar suara teriakan warga ada bau hangus, kemudian terjadi percikan api dari kabel listrik di palfon rumah.

Saat Muhammad Saleh (saksi) keluar rumah, melihat api mulai menyala.

Melihat kejadian tersebut saksi langsung berusaha menyelamatkan barang-barang miliknya dan keluar rumah guna meminta bantuan kepada warga sekitar untuk mencoba membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Bahan bangunan yang terbuat dari kayu serta tiupan angin yang cukup kencang membuat api dengan cepat membesar dan merembet ke rumah lain yang berada di sekitaran TKP.

Upaya pemadaman api yang melalap 158 unit rumah di Dok IX Kota Jayapura, Senin (18/10/20) malam

Api baru padam sekitar pukul 21.05 WIT setelah lima unit Mobil Damkar milik Pemerintah Kota Jayapura beserta 10 Unit Truk Tanki air, dibantu dua unit Mobil AWC milik Dit Samapta Polda Papua dan 1 Unit Mobil AWC milik Polresta Jayapura Kota melakukan pemadaman.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal SH, mengatakan, bahwa dari Bid Labfor Polda Papua bersama Satuan Reskrim Polresta Jayapura Kota telah melakukan olah TKP pada Selasa (19/10/20) siang.

“Dari hasil pendataan Dinas Sosial didampingi Kepolisian, diperoleh jumlah rumah yang terbakar sebanyak 158 unit yang terdiri dari 340 Kepala Keluarga di 3 RT dan 2 RW dengan jumlah penduduk sebanyak 728 jiwa,” ungkap Kabid Humas.

Para korban ditampung di dua tempat, yakni di Aula Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua serta Aula Dinas Sosial Provinsi Papua, yang dijadikan Posko oleh Pemerintah Kotamadya Jayapura.

Di sela-sela olah TKP, Kapolresta Jayapura Kota, AKBP Gustaf R Urbinas menyatakan telah menempatkan sejumlah personil dari Polsekta Jayapura Utara bersama aparat dari Koramil untuk membantu penanganan korban kebakaran di Posko oleh pemerintah Kota Jayapura.

“Sehingga diharapkan bisa dikoordinasikan dengan baik dalam penanganan para korban kebakaran,” ujar Kapolres kepada wartawan.

Di kesempatan sama, Walikota Jayapura, DR. Benhur Tomi Majo,MM menegaskan bahwa Pemerintah Kota Jayapura telah mendirikan Posko, dan diharapkan menjadi satu-satunya Posko, sehingga segala bantuan untuk korban kebakaran hanya disalurkan melalui Posko tersebut.

“Posko musibah kebakaran ini hanya satu, yaitu Posko Pemerintah Kota Jayapura, tidak ada posko-posko lain,” tegasnya.

Dari pantauan di lapangan pada Selasa (19/10/20) sore, terdapat sejumlah Posko yang didirikan oleh warga ataupun organisasi masyarakat, seperti oleh Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara (KKST) di dekat lokasi kebakaran.[yat]