HMPJ Gelar Seminar dan LKK 2022

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Himpunan mahasiswa pemuda pelajar Jayawijaya HMPJ di kota study Jayapura menyelenggarakan kegiatan seminar sehari dan latihan kepemimpinan Kader (LKK) dengan tema hak lindungi hutan dan tanah adat di Kabupaten Jayawijaya Wamena.

Kegiatan seminar dan LKK yang diselenggarakan oleh HMPJ tersebut dapat didukung oleh pemerintah daerah sehingga badan pengurus HMPJ mampu merekrut peserta seminar dan LKK sebanyak 50-an orang.

Kegiatan tersebut sudah dibuka secara resmi oleh sekda kab. Jayawijaya Bapak Tonny Mayor, S.Pd MM dan LKK sedang berlangsung di susteran Maranatha waena Jayapura Papua selama 4 hari dari tanggal 16-19 Juni 2022.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh sekda potensi Wijaya Bapak Tomi mayor bahwa adik-adik sebagai calon pemimpin masa depan khususnya untuk Kabupaten Jayawijaya dan papua pada umumnya nantinya akan melihat isu-isu sosial yang sering berkembang di kalangan masyarakat.

“Kami pemerintah daerah prinsipnya sangat mendukung kegiatan-kegiatan inisiatif yang diselenggarakan oleh mahasiswa pemuda dan pelajar asal kabupaten Jayawijaya di kota study Jayapura, karena kegiatan seminar dan pelatihan seperti ini adalah modal untuk membentuk karakter karakter adik-adik yang berintelektual,” ungkap sekda dalam sambutan.

Sementara itu Albert Kalolik selaku ketua HMPJ di kota studi Jayapura, mengatakan seminar dan LKK tahun ini bertujuan agar para mahasiswa dan intelektual asal kabupaten Jayawijaya bisa melihat kembali isu isu hangat yang sedang terjadi dalam beberapa tahun terakhir di Kabupaten Jayawijaya.

“Iya kami sudah melihat dalam 2 atau 3 tahun terakhir ini isu-isu yang sedang berkembang di Jayawijaya tentang pelepasan tanah dan hutan adat. Jadi yang kami lihat adalah menyangkut tanah adat dan hutan yang tanpa disadari oleh oknum-oknum tertentu melakukan pendekatan dengan orang-orang tua kami yang kurang begitu paham dampak dari pelepasan hutan dan tanah adat tersebut di beberapa tahun kedepan,” ungkapAlber.

Lanjutnya, ” sehingga kami mengundang beberapa putra-putri terbaik asal adat lapago untuk memberikan materi-materi yang konkrit sesuai pengalaman mereka kepada adik-adik yang akan menjadi calon pemimpin terbaik khususnya di kabupaten Jayawijaya dan pada umumnya. Agar hasil dari seminar dan latihan kepemimpinan kader menjadi bekal untuk masa depan mereka dalam pekerjaan mereka hati jujur dan penuh keterampilan.

Saya mewakili mahasiswa Pemuda dan pelajar asal Jayawijaya di kota studi Jayapura menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda Jayawijaya yang mana untuk dukungan sponsor penuh, sehingga kegiatan hari ini bisa berlansung dan sudah buka kegiatan secara resmi oleh Sekda kab. Jayawijaya Bapak Tonny Mayor, S.Pd MM tadi di susteran Maranatha waena Jayapura,” ungkapnya.

Lanjut Alber, “Kami mengundang para putra putri terbaik asal Lapago sebagai pemateri yang profesional untuk menyampaikan pengalaman kehidupan perjuangan mereka dalam perkonomian, pendidikan, dan lain-lain.

Karna Kami ingin mengkaderisasikan adik-adik kami agar kedepan mereka manjadi pemimpin yang rendah hati dan dalam tindakan mereka secar intelektual khususnya di Kabupaten Jayawijaya dan Papua pada umumnya.

Sehingga para pemateri yang kami undang adalah materi-materi konkrit yaitu dari kamar adat Papua KAP, mayelis rakyat Papua MRP, lembaga bantuan hukum LBH Papua, dan pemateri dari akademisi Universitas Cendrawasih,” jelas Alber.

Kata Albert Kholik, seminar dan lkk akan berakhir pada Minggu, 19 Juni 2022 siang.[Miki]