HUT Bhayangkara ke 73, Komisi I DPR Papua Harap Polri Terus Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

0
112
Wakil ketua Komisi I DPR Papua, Tan Wie Long dan Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Rudolf Albert Rodja
Wakil ketua Komisi I DPR Papua, Tan Wie Long dan Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Rudolf Albert Rodja

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-73 tahun yang berlangsung Senin, 1 Juli 2019. Komisi I DPR Papua berharap kepada institusi Polri di tanah Papua untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Komisi DPR Papua Tan Wie Long kepada PapuaSatu.com di Jayapura tadi siang.

Along panggilan akrabnya ini, menegaskan bahwa bertambahnya satu Tahun umur Polri, ada beberapa PR yang harus ditingkatkan, terutama dalam memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman.

Namun ia juga berharap agar kedepan, Polri tidak menyakit hati rakyat. Dimana tahun-tahun sebelumnya ada banyak peristiwa yang mungkin menyakiti hati rakyat, baik itu dugaan peristiwa penembakan, kasus pelanggaran HAM masa lalu  hingga berbagai persoalan yang terjadi.

Peristiwa itu diharapkan tidak terulang kembali. “Jangan sakiti rakyat. Setiap permasalahan Polri harus memberikan sebuah rasa kepastian Hukum dengan mengedepankan persuasif. Inilah yang lebih kami diharapkan,” tekan Along kepada Polri.

Meski diakuinya bahwa organisasi dan lembaga manapun selalu ada Plus dan Minus dalam melaksanakan tugas, akan tetapi yang lebih diutamakan Polri ke depan bagaimana menjalankan Motto Polri, terutama dalam memberikan Pelayanan, Pengayoman dan Perlindungan.

Profesionalisme kepolisian juga harus ditingkatkan karena zaman ini sudah mulai berubah.

Apalagi saat ini sudah masuk pada zaman Milenial. Hal tersebut Polri bisa menyesuaikan tentang hal-hal yang dianggap positif bagi kaum Milenial terutama dalam penggunaan IT yang sudah sangat canggih.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Rudolf Albert Rodja berharap kepada jajaran Polda papua agar di HUT Bhayangkara ke-73 terus  melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat lebih baik lagi.

“Tidak boleh menyakiti masyarakat yang sebenarnya. Ini salah satu makna kita di hari ulang tahun ke-73 tahun ini agar pelayanan terus ditingkatkan kepada masyarakat,” katanya.

Selama ini, kata Kapolda, sudah banyak yang dilakukan oleh seluruh jajaran Polda untuk mendekatkan diri kepada masyarakat.

“Semua Satker sudah melakukan programnya, seperti fungsi Binmas sudah memberikan pelayanan setiap jam dan setiap hari harus bersama masyarakat,” katanya.

Lanjutnya, fungsi Reserse dalam melakukan penyelidikan harus transparan dan harus memperlakukan pelapor dan terlapor sesuai dengan yang harus dilakukan. “Pelayanan terus dilakukan kepada masyarakat,”  ujarnya. [loy]