HUT Kemerdekaan RI ke 78, PBB Berbagi Rasa Bersama Warga Perbatasan PNG

28

JAYAPURA, PapuaSatu.com  – Masyarakat kampung Skow Sae, Muara Tami, Kota  Jayapura yang berada di wilayah batas negara RI-PNG menyambut gembira kehadiran Pemuda Batak Bersatu  Provinsi Papua melalui kegiatan touring merah putih HUT Kemerdekaan RI ke 78 tahun 2023.

Aksi touring merah putih yang menempuh perjalanan sepnajang 60 Km, diawali dari Expo Waena dan finis di Kampung Skow Sae melalui jalur Jl. Raya Sentani – Abepura,  Kantor Otonom, Jln. Ring Road – Jln Holtekamp Jembatan Merah – Jalan Batas Negara Muara Tami.

Setibanya di kampung Skow Sae, peserta diterima Kepala Distrik Muara Tami, Kapolsek Muara Tami, Danramil Muara Tami dan Ondoafi Skow Sae, David Lomo.

Diiringi musik, warga Skow Sae  bersama-sama peserta touring yang terdiri dari anggota PBB, Garda Manguni, Generasi Muda Maluku dan komunitas pemuda lainnya ikut beryospan yang diakhiri dengan pemberian tali kasih kepada masyarakat Skow Sae berupa sembako.

Penyerahan tali kasih berupa sembako dari PBB ke masyarakat Skow Sae, Distrik Muaratami, Kota Jayapura
Penyerahan tali kasih berupa sembako dari PBB ke masyarakat Skow Sae, Distrik Muaratami, Kota Jayapura

Ketua DPD Provinsi Papua, Ir. Tulus Sianipar, MM dalam sambutannya mengatakan, bahwa kehadiran Pemuda Batak Bersatu ( PBB) untuk kebersamaan dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI ke- 78 tahun 2023.

“Slogan HUT Kemerdekaan bisa burubah-ubah setiap tahun namun yang tidak berubah adalah makna perjuangan tahun 1945 yaitu untuk menyatukan seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke,” ujar Tulus Sianipar.

Dia juga mengatakan bahwa berbagi itu adalah suatu kebahagiaan.

“Tidak musti orang kaya baru bisa memberi, tetapi yang berkekuarangan juga bisa memberi. Karena memeberi dari kekurangan itulah paling berbahagia,” tambahnya.

Organisasi Pemuda Batak Bersatu memberi tali kasih kepada masyarakat Skow Sae, bukan berarti PBB berkelebihan, tetapi itulah wujud dari kebersamaan kita selalu satu bangsa.

Sementara itu Ondoafi Skow Sae, David Lomo mengatakan, pihaknya selaku Ondo Skow Sae sangat berterima kasih kehadiran Pemuda Batak Bersatu di kampung tersebut.

“Kami menyambut baik kehadiran PBB di kampung ini, kami selaku masyarakat Skow sangat berbahagia mendapat kunjungan dari PBB apalagi dengan adanya bantuan bagi masyarakat kami,” katanya.

Dia berharap melalui kehadiran PBB dalam rangka Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 78 ini untuk menjadikan kita sebagai saudara dan bila kita bertemu dimana -mana kita sudah saling mengenal.

“Trimakasi atas perhatian PBB bagi masyarakat kami melalui bantuan berupa sembako, biarlah Tuhan yang membalaskan itu kepada saudara-saudara kami dari PBB Papua,* ujarnya.[yat]