Jaring Atlet Renang Papua, Lantamal x Gelar Lomba Renang Laut Danlantamal X Cup Tahun 2024

88

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Sebuah event yang digelar untuk menumbuh kembangkan kecintaan  Bahari Nusantara serta untuk menjaring altet Renang generasi muda Papua Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) X Jayapura menggelar lomba renang laut “Danlantamal X Cup Swimming Oven Water” tahun 2024.

Para peserta lomba yang datang dari  Jayapura, Kabupaten Sarmi, dari Merauke Papua Tengah dan Makasar Sulawesi Selatan sangat antusias mengikuti lomba renang Danlantamal X Cup Swimming Oven Water yang baru pertama digelar di Jayapura Papua.

Kegiatan lomba renang berlangsung di Teluk Jayapura depan Kantor Gubernur Papua, jalan Soa Sio  Dok II  Jayapura Papua, Sabtu (29/06/2024).

Lomba Renang Danlantamal X Cup Open Water Swimming (OWS) diikuti ratusan  perenang dari berbagai klub renang dan daerah di Papua bahkan Papua Selatan serta Sulawesi Selatan.

Lomba renang yang dilaksanakan terbagi dari 2  katagori tanpa Pin dan Snorkle Jarak 500 meter untuk usia 13 tahun dan jarak 1000 meter untuk usia 14 -17 tahun.

Sedangkan  katagori 2  pakai Pin dan Snorkle jarak 1000 meter dengan usia 13 tahun  serta jarak 2000 meter untuk usia 14 -17 tahun.

Lomba renang dengan tangan serta beresiko tinggi ini di buka oleh  Staf Ahli Gubernur Yan Piet Rawar mewakili Pj. Gubernur Papua dengan didampingi Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono, M.Tr.Opsla., bersama Forkopimda Papua.

Danlantamal X dalam sambutannya mengatakan pagi ini kita dapat hadir di tempat ini  pada acara olahraga renang yang bertajuk Open Water Swimming Danlantamal X Cup tahun 2024 yang dilaksanakan di Teluk Jayapura.

Brigjen TNI Marinir Ludi menambahkan, penyelenggaraan open water swimming Danlantamal X cup ini,  merupakan  bentuk  kepedulian   TNI AL khususnya Lantamal X  dalam upaya menumbuhkan  kecintaan  terhadap budaya MARITIM  Nusantara,   serta sebagai salah satu upaya mengkampanyekan budaya laut bersih.

“Karena laut   memiliki arti penting bagi kehidupan manusia yang  menyimpan  potensi  kekayaan  alam sangat besar sehingga kita wajib  menjaga  kelestarian nya,” kata Brigjen Ludi.

Disamping itu, lomba renang ini merupakan langkah  nyata  TNI-AL khususnya Lantamal X untuk memasyarakatkan olahraga renang bagi generasi muda dengan harapan dari perlombaan ini akan didapatkan atlet-atlet berprestasi dari wilayah Papua khususnya di Jayapura yang siap mengikuti perlombaan baik ditingkat nasional  maupun  internasional.

Jumlah yang mengikuti event ini  sebanyak  180 peserta  yang terdiri dari peserta  perorangan   dan beberapa Club   Swimming, baik dari Kota Jayapura, kabupaten Jayapura,  kabupaten Sarmi, Merauke  dan  Makassar.

Seluruh peserta lomba dapat senantiasa menjaga semangat dan menjunjung tinggi sportifitas meraih prestasi dalam berlomba.

Selamat bertanding  kepada  segenap  peserta  lomba open water swimming danlantamal X  Cup. Ucap Danlantamal X.

Saya ucapkan terima kasih atas dukungan dari Pemprov Papua, Bank, Mitra dan seluruh pendukung kegiatan ini sehingga Open Water Swimming (OWS) bisa terselenggara. Pungkasnya.

Sementara itu Pj. Gubernur Papua yang diwakili Yan Piet Rawar, MAP. Pejabat Fungsional analis kebijakan ahli madya Staf ahli Gubernur Provinsi Papua menyampaikan rasa bangga, saya juga mengapresiasi upaya dan kerja keras dari Lantamal X dan seluruh panitia penyelenggara yang telah mempersiapkan acara ini dengan baik.

“Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta memberikan pengalaman yang berkesan bagi kita semua dan secara khusus kepada para peserta.” Ucap Yan Piet Rawar staf ahli Gubernur Papua.

Yan Piet Rawar juga mengajak kepada semua pihak untuk terus menjaga dan melestarikan lingkungan alam laut kita kerana laut adalah salah satu aset penting bagi Papua yang harus kita jaga secara  berkelanjutan.

Keluar sebagai pemenang untuk katagori tanpa Pin dan Enorkle  500 meter 13 tahun Putra Juara 1 Muh. Omar Hanaf Setiawan dari ABCS, Juara 2 Lorenzo dari CSC dan juara 3 Rafael Marselino Z. Gabur dari CSC.

Katagori tanpa Pin dan Snorkle  500 meter 13 tahun puteri, Juara 1 Nathania Z. Wohel  CSC, Juara 2 Friskilla Linda Qandibodibo dari ODC dan juara 3 Felycia Lovania Abel dari BMJ.

Katagori tanpa Pin dan snorkle  1.000 meter 14-17 tahun putera Juara 1 Muhammad Rizky dari TCSC, Juara 2 Raditya Vedrodova S. dari VJS, dan juara 3 Lukas Bual Paotere Merauke.

Katagori tanpa Pin dan snorkle  1000 meter 14-17 tahun puteri  Juara 1 Hanafizah Syabania dari TCSC.

Katagori menggunakan  Pin dan Snorkle  1.000 meter 13 tahun putera Juara 1 Jesen Henega dari BMJ, Juara 2  Muh. Omar Hanaf Setiawan dari ABCS dan juara 3 Farel Alif Kurniawan dari CDC.

Katagori pakai Pin dan Snorkle  1.000 meter 13 tahun puteri Juara 1 Azkia Aulya Ramadhan VJS SC, Juara 2 Chaityne Parhasian M. dari CDS, dan juara 3 Nathania Z. Wohel  CSC.

Katagori pakai Pin dan snorkle  2.000 meter 13 tahun puteri Juara 1 Hanafizah Syabania dari TCSC. Juara 2 Yosephine Awi dari BMJ, dan juara 3 Pascha E. Infandi   BMJ.

Serta katagori pakai Pin dan Snorkle  2.000 meter 14-17 tahun putera Juara 1 Speniel Yarangga BMJ,  Juara 2 Alfi Dzaki Riyalam dari BMJ, dan juara 3 Oscar Roberth H. Sinaga dari CDC.

Pada acara lomba renang ini ada yang menarik perhatian dengan perenang termuda atas nama M. Zakwan Abrizam Said usia  5 tahun masih duduk di TK dan Assifa usia 7 tahun dari Cenderawasih Swimming Club’ (CSC) Kabupaten Merauke Papua Selatan.

Kedua Peserta termuda ini mendapatkan Hadiah dan perhatian khusus dari Komandan Lantamal X Jayapura karena di usia masih belia mampu berenang 500 meter tanpa Pin dan Snorkle

Acara juga di meriahkan penampilan atlet para motor TNI/Polri Papua dan Porlasi Papua hampir 90 persen atlet-atletnya adalah Putra/Puteri anggota Lantamal X Jayapura.[tania]