Jelang HUT Bhayangkara, Polda Papua Gelar Tradisi Pencucian Pataka Polda Papua

0
45
Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw saat memimpin pencucian pataka Polda Papua jelang Hari Bhayangkara Ke-74 Tahun 2020
Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw saat memimpin pencucian pataka Polda Papua jelang Hari Bhayangkara Ke-74 Tahun 2020

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Sudah menjadi tradisi setiap tahunnya menjelang HUT Bhayangkara, Polda Papua melakukan pencucian Pataka Polda Papua.

Bertempat di Aula Rupatama Polda Papua, Rabu (24/6/2020), pukul 10.00 Wit, Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw memimpin pelaksanakan pencucian pataka Rastra Samara Polda Papua, yang dilakukan dalam bentuk upacara.

Sebagai inspektur upacara Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw mengungkapkan bahwa pembersihan Pataka tersebut hukumnya wajib bagi para anggota Polri.

“Karena Pataka yang dimiliki Polda Papua mengandung makna bahwa setiap anggota Polri yang ada di bawah jajaran Polda Papua harus mengemban tugas dengan amanah dan sebaik-baiknya,” ujar Kapolda pada upacara yang dihadiri oleh pejabat utama Polda Papua, Pamen, Pama, dan ASN Polda Papua.

Selain itu, pemaknaan pencucian pataka tersebut adalah, bahwa sebagai para penerus Polri harus terus berjuang menghargai nilai-nilai luhur para pendahulu kita, sehingga Polri di jaman sekarang ini mampu mejalankan tugas sesuai dengan tupoksinya, dibawah kekuatan dan motivasi lambang-lambang daripada Pataka.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal SH, dalam kesempatannya mengatakan, selain menjalankan tradisi pencucian pataka, dalam rangka hari Bhayangkara juga dilakukan beberapa kegiatan-kegiatan sosial yang telah diselenggarakan yaitu donor darah, rapid test, dan silahturahmi ke purnawirawan serta ke anggota yang terkena musibah.

“Pencucian pataka ini adalah sebagai tradisi untuk menanamkan nilai-nilai juang sebagai anggota Bhayangkara karena setiap satuan memiliki panji-panji yang di junjung oleh kesatuan itu sendiri seperti Polda Papua menjunjung Rastra Samara,” ujar Kabid Humas.

“Kemudian kita juga akana melaksanakan ziarah Makam, dan upacara namun berbeda dengan upacara hari Bhayangkara sebelumnya karena dalam situasi Covid-19, untuk itu kita akan melaksanakan Video Conference melalui layer lebar dan akan di undang beberapa Tokoh masyarakat dan beberapa pejabat utama yang ikut karena keterbatasan yang kita miliki,” sambungnya.

Kabid HUmas pun menyampaikan mohon doa restu kepada seluruh warga masyarakat untuk mendukung tugas-tugasnya sebagai anggota Polri, sehingga bisa memberikan pelayan yang terbaik, seperti motto hari Bhayangkara yaitu “Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif”.

“Kita yakin kalau situasi ini semakin kondusif aman, tentram maka masyarakat melaksanakan aktifitas tanpa adanya rasa takut. Situasi itu dapat tercapai dengan adanya dukungan masyarakat yang ada di Tanah Papua,” ujarnya.[yat]