Jelang HUT RI Ke-75 Tahun 2020, Pemerintah Provinsi Papua Gelar Rapat Persiapan

0
105
Asisten II Setda Papua, Muhammad Musa'ad, bersama Kakesbangpol Provinsi Papua Musa Isir, S.Sos., MAP., dan Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Mustofa Kamal SH, saat memimpin rapat persiapan peringatan HUT RI Ke-75 Tahun 2020, Rabu (15/7/20)
Asisten II Setda Papua, Muhammad Musa'ad, bersama Kakesbangpol Provinsi Papua Musa Isir, S.Sos., MAP., dan Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Mustofa Kamal SH, saat memimpin rapat persiapan peringatan HUT RI Ke-75 Tahun 2020, Rabu (15/7/20)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Guna membahas persiapan perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-75, Pemerintah Provinsi Papuamenggelar rapat di Sasana Karya Kantor Gubernur, Rabu tanggal (15/7/2020).

Rapat yang dipimpin Asisten II Setda Papua, Muhammad Musa’ad, diikuti Kakesbangpol Provinsi Papua Musa Isir, S.Sos., MAP., Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Mustofa Kamal SH, Asops Danlantamal X Kolonel Laut (P) Budi Darmawan Amran, Dinas Kominfo, Biro Umum, Dinas ESDM dan Bank Indonesia.

Dalam rapat tersebut, Muhammad Musa’ad menyampaikan bahwa, untuk memeriahkan HUT Proklamasi tahun ini pelaksanaan lomba tidak bisa dilaksanakan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, karena alasan Covid-19 dan protokol kesehatan.

“Namun untuk perlombaan kita akan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi kita saat ini dan kemungkinan kita akan membuat lomba dengan tema Covid-19, yaitu seperti perlombaan pelayanan terbaik di tengah Covid 19, baik itu di bank, pertokoan dan lain lain,” ujar Musaad panggilan akrabnya.

Meskipun peringatan HUT Proklamasi kali ini dilaksanakan dengan sederhana, kata Musaad, namun harus bermakna  dan kita tetap menjaga agar ini tetap berjalan dengan penuh hikmat serta aman.

“Jangan sampai karena Covid-19 peringatan hari 17 Agustus 1945 dilupakan, maka dari itu kita harus melaksanakan kegiatan-kegiatan untuk menyemamarakan HUT Proklamasi,” tandasnya.

Dan sebagai awal peringatan HUT Proklamasi, akan dilakukan soft launching pada tanggal 1 Agustus 2020, dengan kegiatan jalan santai ataupun senam, yang tentunya disesuaikan dengan anjuran dalam menghadapi Covid-19, yaitu berolahraga sambil tetap memperhatikan protokol kesehetan.

Kata Musaad, kegiatan memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia akan dilaksanakan sebulan penuh (1-30 Agustus), dan sebisa mungkin melibatkan generasi muda dalam rangka menge-charge generesi muda agar memperkuat rasa Nasionalisme.

Seksi lomba akan merancang lomba antar umat beragama, contoh antar masjid, gereja dan pura. Hal ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi, karena pada momen inilah sangat baik untuk mempersatukan bangsa Indonesia.

Di kesempatan sama, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal SH menceritakan tentang upacara HUT Bhayangkara ke-74 pada 1 Juli lalu, yang dilaksanakan secara virtual yang diikuti Polda dan Polres-Polres, dengan inspektur upacara Presiden RI Joko Widodo.

“Kita melaksanakan ini secara virtual dikarenakan saat ini kita sedang berada dalam situasi Pandemi Covid-19 agar aman,” jelas Kamal.

Pelaksanaan upacara secara virtual dilaksanakan sesuai instruksi Pimpinan Polri, yang dalam pelaksanaan upacara dibatasi jumlah pesertanya dan tidak Semua PJU mengikuti kegiatan tesebut.

“Hal ini juga mungkin kita bisa laksanakan pada hari peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 ini agar tetap mengikuti Protokol Kesehatan,” jelas Kamal.

“Mungkin juga nantinya kegiatan ini kita ikutkan lomba yang dilakukan dengan secara virtual dan lain lain agar kegiatan HUT Proklamasi ini tetap berjalan meriah namun tetap dengan memperhatikan Protokol Kesehatan,” sambungnya.

Dikatakan, untuk menjaga Sinergitas TNI-Polri baiknya setiap kegiatan yang melibatkan Polri harus juga terlibat TNI, begitu juga sebaliknya.

Dari rapat tersebut disepakati, bahwa pada tanggal 1 Agustus 2020 dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia kita akan melaksanakan soft launching, dan akan dilaksanakan selama satu bulan (1-30 Agustus 2020).

Upacara yang akan di laksanakan dengan sedehana dengan jumlah yang terbatas, begitupun dengan jumlah pasukan upacara yang terbatas.

Kemudian untuk memeriahkan dengan lomba, akan dikaitkan semua dengan konteks Covid-19, yaitu mungkin dengan sentra pelayanan terbaik di tengah Covid 19 dengan mengikuti standar protokol terbaik.

Kemudian, untuk  kegiatan renungan suci  juga tetap dilaksanakan seperti biasa di taman makam pahlawan, namun dengan peserta yang terbatas.

Kegiatan upacara yang diwarnai dengan kegiatan detik-detik Proklamasi, nantinya akan disiarkan secara langsung di TVRI, agar masyarakat lainnya bisa menyaksikan dari media televisi.

Untuk mematangkan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT Proklamasi ke 75, sambil masing-masing seksi mempersiapkan segala sesuatunya, rapat akan dilanjutkan hari Jumat, 17 Juli 2020.[yat]