Jelang KMAN, Warga Diimbau Tingkatkan Imunitas dan Tetap Gunakan Masker

dr. Khairul Lie, S.KM, M.Kes
dr. Khairul Lie, S.KM, M.Kes

SENTANI, PapuaSatu.com – Di Kabupaten Jayapura, hingga tanggal 12 September 2022 tercatat masih ada 1 kasus dan di Kota Jayapura ada 51 kasus.

Dengan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) Ke-VI 2022 yang tidak lama lagi digelar, masyarakat Kabupaten Jayapura yang menjadi tuan rumah, diimbau untuk dapat meningkatkan imunitas melalui vaksinasi booster.

Yang mana, akan ada 5000 sampai 6000 orang tami yang datang dari berbagai daerah di seluruh nusantara.

Sementara, kasus Covid-19 belum sepenuhnya hilang.

“Kita harap masyarakat butuh boster bisa datang,” ungkap Kadinkes Kabupaten Jayapura, Khairul Lie,SKM, M.Kes saat ditemui awak media ini di Sentani, Senin (12/9/22).

Dikatakan, bahwa jangan karena perjalanan saja baru datang boster, tapi dapat berpikir untuk ketahanan atau imunitas tubuh untuk menghadapi Covid-19.

Menerapkan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker, juga sangat penting dalam menangkal penularan virus Covid-19.

Kata Khairul Lie, saat ini telah tersedia vaksinasi, baik dosis 1, dosis 2 dan dosis 3 (booster) tersedia di seluruh fasilitas kesehatan di Kabupaten Jayapura.

Dikatakan, penurunan kasus Covid-19 saat ini lebih dikarenakan tingkat imunitas masyarakat yang sudah membaik.

“Vaksinasi di penduduk kita sudah cukup tinggi, cuma kita sarankan kepada masyarakat yang belum vaksin untuk dapat vaksin,” ujarnya.

Diceritakan, dari satu kasus kematian akibat Covid-19 terakhir di Kabupaten Jayapura adalah pasien yang belum vaksin.

Sedangkan yang sudah vaksin rata-rata dapat sembuh dari Covid-19, dan bahkan tidak bergejala.[yat]